Bola Internasional

PSSI Layangkan Protes pada Panpel Terkait Terpotongnya Lagu Indonesia Raya

Jumat, 24 Agustus 2018 18:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Timnas Indonesia U-23 vs Uni Emirat Arab (UEA) Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Timnas Indonesia U-23 vs Uni Emirat Arab (UEA)

INDOSPORT.COM - Panpel laga babak 16 besar Asian Games 2018 antara Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab (UEA) tampaknya tidak hanya melakukan satu kesalahan sebelum dimulainya pertandingan.

Setelah salah (secara terbalik) menyebut daftar susunan nama pemain, panpel juga menghentikan instrumen musik sebelum lagu Indonesia Raya selesai dikumandangkan.

Sebagai informasi, lagu kebangsaan Indonesia Raya tidak diputar sepenuhnya, setelah refrain pertama selesai, iringan musik berhenti. Hal itu membuat penonton di tribune tampak kebingungan, sebelum akhirnya penonton di tribun utara tetap lanjut bernyanyi meski tak lagi diiringi musik.

Melihat keadaan ini, pihak PSSI lantas melakukan protes pada pihak panpel. Hal itu dikabarkan oleh salah satu ofisial Timnas U-23 yang berada di tribun VVIP.

Padahal, penggunaan lagu Indonesia Raya sudah ada aturannya, yakni yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009. Menurut pasal ke-60 pada bagian UU tersebut, poin kedua menyebutkan bahwa tata cara Lagu Kebangsaan yang diiringi alat musik, dinyanyikan lengkap satu strofe, dengan satu kali ulangan pada refrain.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 saat ini bermain imbang 2-2 meski sempat tertinggal dua kali melalui gol penalti. Dua pemain senior skuat Garuda Muda, Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly menjadi pembeda berkat gol yang dilesakkannya.

Medali Asian Games Keenam Indonesia Dipersembahkan Cabor Paragliding

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

359