Liga Italia

Sebut Nama Tuhan Sembarangan, Pemain Serie A Italia Ini Dihukum

Jumat, 31 Agustus 2018 16:04 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Rolando Mandragora, dalam laga Udinese vs UC Sampdoria. Copyright: © Getty Images
Rolando Mandragora, dalam laga Udinese vs UC Sampdoria.

INDOSPORT.COM – Dalam budaya Italia ada larangan keras yang menyebutkan bahwa tidak boleh menyebut nama Tuhan dengan sia-sia. Selain itu ada aturan yang menyebutkan bahwa tidak boleh mensejajarkan Tuhan dengan kata-kata makian.

Hal ini yang membuat mantan pemain Juventus, Rolando Mandragora dijatuhi hukuman larangan bermain satu laga karena berbicara kasar mengenai Tuhan ketika pertandingan.

Ketika pertandingan Udinese vs Sampdoria di Stadio Friuli, Udine pada Selasa (28/08/18), Mandragora tertangkap kamera ketika mengucapkan kata-kata "Porca Madonna, Vaffanculo, Dio Cane!" yang berarti mengejek Tuhan dengan kata-kata anjing.

Mandragora kesal ketika tendangannya mampu diselamatkan kiper Sampdoria, Emil Audero. Dengan jelas Mandragora mengucapkan kata-kata yang bertentangan dengan hukum di Italia.

Setelah pertandingan berakhir dan dimenangkan oleh Udinese, pihak Serie A baru menyadari atas perbuatan yang dilakukan oleh Mandragora melalui tayangan ulang. Dengan membaca gerak bibirnya, pihak Serie A memastikan Mandragora menyebut kata-kata Tuhan dengan sembarangan.

Atas tindakan ini Mandragora dijatuhi hukuman karena dianggap menistakan agama. Kejadian serupa juga pernah menimpa mantan kiper Juventus, Gianluigi Buffon. Saat itu Buffon dipaksa meminta maaf karena mengucapkan kata “Dio” (Tuhan).

Selain mengucapkan kata-kata “Dio”, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) juga melarang para pemain untuk memakai kaus dengan pesan yang menggambarkan agama maupun kepercayaan mereka. 

Penulis: Daniel Ramos Putra

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia Lainnya Hanya di INDOSPORT

109