Bola Internasional

Terbukti Menggelapkan Pajak, Mourinho Akan Dipenjara?

Selasa, 4 September 2018 19:57 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, nampaknya belakangan akan semakin gusar saja. Masalah peforma buruk MU belum selesai, kini Mourinho harus dihadapkan dengan persoalan hukum dengan pengadilan Spanyol.

Seperti dikutip dari portal berita olahraga asal Spanyol, Marca, Mourinho dijatuhi hukuman satu tahun penjara oleh pengadilan Spanyol.

Mourinho terbukti bersalah akibat kasus penggelapan pajak yang dilakukannya pada tahun 2011 dan 2012 lalu semasa masih membesut Real Madrid.

Total penggelapan pajak yang dilakukan Mourinho terbilang tak sedikit. Ia didakwa pengadilan Spanyol atas penggelapan pajak sebesar 3,3 juta Euro, atau sekitar 57 miliar Rupiah.

Namun, Mourinho tak akan benar-benar menjalani hukumannya tersebut. Penangguhan penahanan yang diajukan Mourinho lewat kuasa hukumnya telah disetuji pengadilan Spanyol.

Sebagai gantinya, Mourinho akan membayar sejumlah uang ke pengadilan Spanyol untuk jaminan atas hukuman kurungannya. Jaminan tersebut berjumlah 669 ribu euro atau sekitar Rp11 miliar.

© Indosport
Mourinho Copyright: IndosportJose Mourinho, pelatih Manchester United.

Uang yang harus dikeluarkan Mourinho juga harus bertambah dengan denda wajib yang didapatnya. Seperti dikutip portal berita olahraga asal Inggris, Mail Sports, Mourinho didenda sekitar 1,8 juta poundsterling, atau sekitar Rp34 miliar.

Penggelapan pajak di tanah Spanyol telah melibatkan beberapa tokoh ternama jagat sepak bola. Sebelum Mourinho, ada pula dua sosok pemain, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, yang lebih dulu terkena kasus serupa. 

Ronaldo dan Messi pun juga menerapkan cara yang sama seperti Mourinho agar terhindar dari hukuman penjara. Keduanya turut membayar sejumlah uang jaminan sebagai jaminan atas penangguhan penahanan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT