Liga Inggris

Didominasi Premier League, Berikut 20 Klub dengan Pengeluaran Terbesar di Dunia

Jumat, 7 September 2018 00:36 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Juni Adi
© engagedinvestor.co.uk
Ilustrasi bursa transfer sepakbola. Copyright: © engagedinvestor.co.uk
Ilustrasi bursa transfer sepakbola.

INDOSPORT.COM – Tujuh klub Liga Primer Inggris berada diantara 20 klub yang telah menghabiskan uang paling banyak untuk biaya transfer selama satu dekade ini.

Sebuah lembaga riset independen asal Swiss yang fokus pada studi sepak bola, CIES Football Observatory telah melakukan riset atas pengeluaran transfer tim dari Premier League, La Liga, Serie A, Ligue 1 dan Bundesliga sejak 2010.

Haislnya, sebanyak empat klub telah menghabiskan lebih dari 1 miliar poundsterling (Rp19,2 triliun) selama 10 tahun terakhir, dengan Manchester City yang memimpin dengan jumlah pengeluaran sebesar 1,32 miliar pounds (Rp24,9 triliun) dari biaya transfer dan biaya pinjaman.

Tak heran jika City jadi klub dengan pengeluaran cukup besar. Sebab, sejak dibeli oleh Sheikh Mansour mereka terus membangun klub yang tangguh dengan mendatangkan pemain mahal dan berkualitas.

Dilansir dari Daily Star, posisi kedua ditempati oleh Chelsea yang menghabiskan dana 1,18 miliar pounds (Rp22,7 triliun), disusuln Barcelona di posisi ketiga dengan pengeluaran 1,13 pounds (Rp21,7 triliun) dan Paris Saint-Germain di posisi keempat dengan pengeluaran 1,12 miliar pounds (Rp21,5 triliun).

© Daily Star
Liga Primer Inggris mendominasi 20 daftar klub sepak bola yang berpengeluaran terbesar di dunia Copyright: Daily StarLiga Primer Inggris mendominasi 20 daftar klub sepak bola dengan pengeluaran terbesar di dunia

Namun dari daftar tersebut terdapat hal yang mengejutkan, dimana Real Madrid yang dikenal kerap mengumpulkan pemain bintang terbaik di dunia hanya berada di urutan ke-8, setelah menghabiskan 822 juta poundsterling (Rp15,8 triliun) dalam 10 tahun terakhir.

AS Monaco bergabung dengan PSG sebagai satu-satunya klub Prancis lainnya di 20 besar, sementara ada lima klub Italia yang ada dalam daftar tersebut yakni Juventus, Inter Milan, AC Milan, Napoli, dan AS Roma.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.