Bola Internasional

Demi Olimpiade Tokyo 2020, China Ingin Rekrut Eks Pelatih Chelsea

Jumat, 7 September 2018 08:40 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Guus Hiddink. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Guus Hiddink.

INDOSPORT.COM - Reputasi sepak bola putra China belum sementereng tetangganya, Jepang dan Korea Selatan di ajang multi event atau Piala Dunia.

Memang China punya Liga Super China yang jor-joran dalam urusan membeli pemain dan pelatih top dunia. Namun, Negeri Tirai Bambu ini sadar bahwa mereka harus membangun tim nasional yang kuat untuk bisa bersaing di kompetisi selevel Olimpiade, Piala Asia dan juga Piala Dunia.

Mantan pelatih interim Chelsea, Guus Hiddink dikabarkan akan menangani tim China junior yang dipersiapkan untuk Olimpiade Tokyo 2020, demikian menurut pemberitaan Xinhua yang dilansir Channelnewsasia.

Manajer asal Belanda ini terlihat menyaksikan tim China U-21 mengalahkan tamunya Myanmar 1-0 dengan memegang catatan, Selasa (04/09/18) lalu.

"Sekalipun Asosiasi Sepak Bola China belum secara resmi mengumumkan hal itu, pelatih Guus Hiddink sudah mulai perannya sebagai pelatih kepala," demikian pernyataan dari Xinhua, sembari menambahkan dia tetap bertahan di stadion menyaksikan laga China U-21 melawan Myanmar U-21 hingga usai.

Bayaran yang diterima mantan pelatih Real Madrid dan Valencia tersebut kurang dari 4 juta Euro setahun setelah dipotong pajak.

Sementara mantan pelatih Timnas Italia, Marcelo Lippi sudah menangani tim senior China yang sayangnya gagal melaju ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Hiddink pernah melatih Korea Selatan saat Piala Dunia 2002 berlangsung di negara tersebut (bersama Jepang) dan membawa Negeri Ginseng melaju ke empat besar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT