Liga Indonesia

6 Langkah yang Akan Dilakukan PSSI Setelah Hentikan Liga 1

Rabu, 26 September 2018 08:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), akhirnya telah mengambil kebijakan usai tragedi tewasnya Jakmania, Haringga Sirla, beberapa saat sebelum laga Persib Bandung vs Persija Jakarta pada hari Minggu (23/09/18) lalu.

Ya, sang Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, memutuskan untuk menghentikan sementara gelaran kompetisi Liga 1 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat dengan anggota Exco pada Selasa (25/09/18) kemarin.

Setelah Liga 1 resmi dihentikan sementara, PSSI berniat secara serius untuk membenahi segala permasalahan yang ada. Terutama, terkait kerusuhan suporter, dan cara pencegahannya agar tak terulang kembali. 

Lalu, apa saja langkah yang bakal diambil PSSI usai memutuskan kebijakan tadi? Berikut data yang didapat INDOSPORT


1. Pihak Komisi Disiplin PSSI akan mendalami kasus kematian Haringga Sirla demi bisa melakukan investigasi lebih jauh. Langkah ini perlu diambil untuk proses menentukan hukuman apa yang layak diberikan kepada pihak-pihak bersalah.

Soal hukuman, semua akan dikenakan Komdis sesuai aturan yang berlaku. Paling ringan, hukuman berupa sanksi finansial, dan yang terberat adalah diskualifikasi.

2. PSSI akan mematangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dipakai untuk menghadapi serta mengatasi aksi-aksi merugikan.

3. PSSI akan terus menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan pihak AFC dan FIFA soal penghentian sementara kompetisi Liga 1.

4. PSSI juga bakal tetap membangun koordinasi dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Kemenpora, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

5. PSSI akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menentukan kebijakan atas penanganan kasus serta pengamanan pertandingan.

6. PSSI tak lupa juga bakal mengundang dan melakukan konsolidasi dengan para klub dan suporter.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT

93