Liga Indonesia

Liga 1 Dibekukan, Sepak Bola Indonesia Bisa Tertinggal Jauh

Rabu, 26 September 2018 21:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Edy Rahmayadi, Ketua Umum PSSI. Copyright: © INDOSPORT
Edy Rahmayadi, Ketua Umum PSSI.

INDOSPORT.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), telah resmi membekukan kompetisi Liga 1 2018 sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Keputusan tersebut menimbulkan tanggapan dari berbagai pihak, salah satunya pelatih Bali United, Widodo C. Putro. Widodo sebenarnya menghormati keputusan PSSI menghentikan liga untuk sementara.

Akan tetapi, legenda Timnas Indonesia itu khawatir dengan kredibilitas klub-klub sepak bola Indonesia di mata sponsor. Ia takut sponsor tidak mau lagi masuk ke Indonesia akibat kompetisi yang masih carut-marut.

"Keputusan sudah diambil dan kami akan hormati keputusan tersebut. Harapan kami tentu alangkah baiknya masalah ini tidak berlarut-larut dan bisa segera selesai sehingga kompetisi bisa segera dilanjutkan," kata Widodo dilansir dari situs resmi klub Bali United.

"Jujur saya sangat khawatir masalah ini akan berdampak besar terhadap sepak bola Indonesia ke depannya. Yang paling berbahaya adalah soal kredibilitas klub sepak bola Indonesia di mata sponsor.”

“Kalau sponsor sudah tidak mau masuk dalam olahraga sepak bola, bisa kita bayangkan semakin tertinggalnya sepak bola Indonesia dengan negara-negara lainnya."

Indonesia tengah dalam situasi berkembang menuju ke arah industri sepak bola. Hal itu tentu dipengaruhi oleh sponsor-sponsor yang masuk.

Klub-klub saat ini sudah tidak dapat mengandalkan dana APBD seperti sebelumnya. Apabila tidak ada keterlibatan sponsor, klub akan kesulitan mencari dana untuk memutar roda manajemen dalam mengarungi kompetisi.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT