Bola Internasional

Erdogan Kecam Rasisme Sepak Bola Jerman Terhadap Ozil

Kamis, 27 September 2018 01:58 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Mesut Ozil, Cenk Tosun, Ilkay Gundogan, dan Recep Tayyip Erdogan. Copyright: © INDOSPORT
Mesut Ozil, Cenk Tosun, Ilkay Gundogan, dan Recep Tayyip Erdogan.

INDOSPORT.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengecam keras rasisme terhadap pesepakbola Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan hanya karena bertemu dengannya sebelum Piala Dunia 2018.

Ozil dan Gundogan, merupakan pemain yang memiliki keturunan Turki. Mereka diserang habis-habisan setelah mengunggah foto pertemuan Erdogan di London.

Tak tahan menerima perlakukan buruk itu, Ozil kemudian mengumumkan pengunduran dirinya dari Timnas Jerman dan menyebut Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) sangat rasis karena ia berdarah Turki.

"Tidak ada yang perlu disesali. Para pemain juga harus bisa bertindak dengan hati nurani yang bersih. Saya menyesali orang-orang yang mengkritik itu,” ungkapnya seperti dikutip dari Four Four Two.

Menurut Erdogan, dirinya telah bertemu dengan Ozil berkali-kali pada kesempatan yang berbeda. Namun, dirinya juga bertemu dengan warga Turki lain di berbagai negara.

“Mesut adalah seseorang yang tinggal di London. Mengapa saya tidak boleh bertemu dengannya saat saya di sini? Bila ada pemain Jerman yang berfoto dengan perdana mentri Inggris, apakah salah? Logika ini tidak bisa dimengerti."

Ia menambahkan, "Ozil tidak meninggalkan tim nasional Jerman tanpa alasan, dan siapa pun yang berjuang dengan serangan rasis dan penghinaan ini akan menunjukkan reaksi yang sama," tukasnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lain di INDOSPORT.

127