Liga Indonesia

Mengenang Potret Akur Jakmania-Bobotoh di Masa Silam

Jumat, 28 September 2018 12:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Panasnya rivalitas antara Persija Jakarta dan Persib Bandung lagi-lagi harus memakan korban jiwa. 

Kali ini seorang Jakmania berusia 23 tahun dikeroyok oleh sejumlah oknum bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api sebelum duel Persib vs Persija, Minggu (23/09/18). 

Jakmania bernama Haringga Sirilia tersebut tentunya bukanlah korban pertama dari rivalitas Persija vs Persib.

Berdasarkan data dari Save our Soccer, sudah ada tujuh korban tewas sejak tahun 2012 di antara pendukung Persija dan Persib.

Walau begitu, sejatinya di masa lalu suporter Persija maupun Persib memiliki hubungan yang cukup harmonis dan tak setegang sekarang. 

Di era 80-an sampai 90-an, hampir tidak ada berita soal keributan di antara kedua suporter tersebut. Selain tak ada saling serang, ketika laga tuntas kedua suporter juga kembali berteman. 

Bahkan, potret akur itu tetap terlihat beberapa tahun setelah Jakmania didirikan. Salah satu warganet yang juga adalah seorang Jakmania membagikan foto nostalgia yang berisi potret akur Jakmania-Viking (pendukung persib) di tahun 2001. 

Berdasarkan foto-foto dari akun twitter @kamar_agung, pada 17 tahun silam, atau tepatnya Minggu (11/2/2001), The Jak dan bobotoh bahkan menempati satu tribun yang sama di Stadion Siliwangi, Bandung.

Tak hanya itu, terpampang pula foto para Jakmania dan Bobotoh/Viking yang nonton bareng di Stadion Lebak Bulus.

Sesungguhnya, baik suporter Persib maupun Persija telah melakukan sejumlah cara untuk mendamaikan suporter. Namun, himbauan perdamaian itu seringkali hanya berlaku di level elit suporter atau pun hanya sebagian suporter saja.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Liga Indonesia di INDOSPORT.COM.

257