Liga Indonesia

Lampu Stadion 4 Kali Tak Lolos Verifikasi, PSM Makassar Berjanji Lagi

Senin, 1 Oktober 2018 16:23 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
© PSM Makassar
Ferdinan Sinaga melakukan selebrasi usai cetak gol. Copyright: © PSM Makassar
Ferdinan Sinaga melakukan selebrasi usai cetak gol.

INDOSPORT.COM - Pencahayaan markas PSM Makassar belum memenuhi standar PT LIB. Ini sudah yang keempat keempat kalinya diverifikasi. Stadion Andi Mattalatta kembali tak lolos verifikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB)

“Perbedaan (nilai lux) sebenarnya ada (dari verifikasi sebelumnya). Hari ini kami membawa seorang teknisi, lebih kepada konsultan. Kami bekerja sama terkait lux lampu stadion. Bersama manajemen PSM tadi kami banyak bicara teknis untuk melihat ke depan,” ungkap Tim Verifikator PT LIB, Surya Binanga, Jumat (28/09/18) lalu.

Surya mengungkapkan beberapa catatan yang diberikan konsultan lampu PT LIB kepada manajemen PSM. 

“Tadi dari teknisi ada beberapa catatan. Posisi lampu kalau ditambah harus vertikal karena kalau ke atas penerimaan cahaya itu semakin berkurang,” ujarnya.

Hingga verifikasi keempat tercatat sudah ada 43 lampu yang masing-masing dipasang pada empat tower. Sementara di bagian atap tribun tertutup, terpasang 20 buah lampu LED.

Terkait itu Ketua Panpel Lokal PSM Makassar, Yahya Sirajuddin, mengatakan pihaknya akan segera mengeksekusi kekurangan yang membuat lampu stadion yang didirikan sejak 1957 itu belum memenuhi standar 800 lux yang disyaratkan PT LIB.

Menurut Yahya, selama ini ada kesalahpahaman terkait bagaimana memasang lampu yang tepat guna memenuhi standar pencahyaaan. 

“Kami sudah buat skema peletakan. Setelah letaknya benar, hal kedua yang kita perbaiki adalah arah lampu. Sebenarnya selama ini kita miskomunikasi. Walapun sudah 4 kali verifikasi, pemahaman kami kurang luxnya, kita tambah lampu lagi. Ternyata tidak begitu,” ujar Yahya.

Yahya melanjutkan bahwa sebanyak 15 lampu akan digeser dan dibuatkan stan di samping kiri kanan lampu lama di setiap tower. Sementara 20 lampu LED di atap tribun tertutup hanya akan digunakan dalam keadaan darutat karena sebenarnya mengganggu penglihatan pemain.

“Teknisnya nanti ada pengelasan untuk tambahan stan di bagian samping. Kalau teknis dari pengamatan konsultan PT LIB, kurang lebih 15 lampu kita geser,”ujarnya.

© INDOSPORT/Basri
Para pemain PSM Makassar melakukan latihan perdana di Stadion Andi Matalatta. Copyright: INDOSPORT/BasriPara pemain PSM Makassar melakukan latihan perdana di Stadion Andi Matalatta.


Yahya juga mengatakan bahwa ia akan segera menyelesaikan pembenahan itu dalam dua minggu ini. 
Yldan berharap agar PT LIB kembali berkenan melakukan verifikasi untuk kelima kalinya jika pembenahan tersebut selesai dilaksanakan.

“Harus selesai dalam dua minggu ini. Alhamdulillah kita juga terbantu dengan penghentian liga sementara. Mudah-mudahan (diverifikasi lagi). Yang pasti, dimanapun stadionnya, semuanya pasti dipantau terus oleh Liga,” ujarnya.

Pembenahan pencahyaaan stadion diharapkan tuntas sebelum laga PSM Makassar bertemu Arema FC. Karena pada laga itu, rencananya akan digelar pada malam hari.

Selain itu PSM juga akan menjalani enam partai kandang (termasuk Arema FC) dari 11 laga tersisa menuju akhir musim Liga 1 2018. Dari enam laga kandang itu, tiga di antaranya sesuai jadwal digelar pada malam hari (Arema FC, Persib Bandung dan Persija Jakarta).

Melihat hal ini, tentu akan jadi kerugian besar bagi PSM Makassar jika harus kembali melakoni laga usiran. Seperti ketika PSM Makassar terpaksa harus menjamu Bhayangkara FC di Stadion I Wayan Dipta beberapa waktu lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya di INDOSPORT