Liga Indonesia

Jurus Jitu Menpora Satukan Suporter Persija dan Persib

Selasa, 2 Oktober 2018 13:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Meninggalnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, Minggu (23/09/18) lalu ternyata menarik perhatian Presiden RI, Joko Widodo. Ia secara tegas meminta kepada semua pihak untuk duduk bersama dan menyelesaikan masalah pertikaian suporter di ranah sepak bola nasional. 

"Ini perintah langsung Pak Jokowi buat komunikasi dan duduk bareng dari semua stake holder," ujar Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto saat acara pertemuan dengan PSSI, APPI, klub dan suporter, Senin (01/10/18) kemarin di Jakarta.

Terkait hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mempunyai satu usulan untuk menyatukan para suporter yang memiliki rivalitas panas.

Cak Imam menginginkan klub-klub seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, hingga Persebaya Surabaya menjalani laga persahabatan dengan melibatkan semua pendukungnya di satu stadion.

"Saya harap ada pertandingan persahabatan, kalau perlu buat klub (yang rivalitasnya panas), yang di mana itu bisa jadi laga amal. Rivalitas itu hanya 90 menit, selebihnya kita saudara," ucapnya.

Lebih lanjut, Menpora berharap PSSI dan operator kompetisi bisa merumuskan regulasi yang tegas untuk menghindari kejadian tak diinginkan. Imam Nahrawi juga ingin semua klub bisa mengedukasi para suporternya, sehingga mereka bisa mendukung dengan cara positif.

"Momen kemarin (meninggalnya Haringga) bisa jadi acuan buat PSSI dan PT Liga menerapkan regulasi secara baik. Kami (pemerintah) tidak mengintervensi tetapi akan mengawalnya karena kenyamanan dan keamanan itu nomor satu. Ini catatan penting, semuanya harus diedukasi," kata Menpora.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

240