Liga Indonesia

Senasib dengan Persib, 5 Klub Ini Juga Diganjar Hukuman Komdis PSSI

Rabu, 3 Oktober 2018 13:52 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Logo PSSI Copyright: © INDOSPORT
Logo PSSI

INDOSPORT.COM – Setelah melaksanakan sidang, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI pada Senin (01/10/18) menjatuhi hukuman untuk beberapa klub. Hukuman tersebut terkait kegiatan indisipliner dalam Liga 1 Indonesia musim 2018.

Selain mengeluarkan hukuman utama kepada Persib Bandung karena insiden yang menewaskan seorang Jakmania, Haringga Sirila, Komite Disiplin PSSI juga mengeluarkan hukuman untuk beberapa klub yang dinilai melakukan tindakan tidak sportif atau indisipliner.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Komite Disipin PSSI telah mengeluarkan sanksi kepada lima klub Liga 1 Indonesia selain Persib yang gagal dalam menciptakan iklim sportif dalam pertandingan Liga 1 Indonesia.

PSIS Semarang, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, PSMS Medan dan Perseru Serui adalah dafar klub Liga 1 Indonesia yang resmi menerima sanksi berupa denda dari Komite Disiplin PSSI.

PSIS Semarang adalah klub yang menerima dua sanksi karena melakukan tindakan indisipliner dalam dua pertandingan.

© Twitter@Persija_Jkt
Persija Jakarta vs PSIS Semarang Copyright: Twitter@Persija_JktPersija Jakarta vs PSIS Semarang

PSSI menghukum PSIS Semarang dengan memberikan denda sebesar 100 juta ada pertandingan PSIS melawan Persija pada Selasa (18/09/18) dan denda sebesar 30 juta pada pertandingan PSIS melawan Perseru pada Minggu (23/09/18) karena suporternya melakukan tindakan pelemparan botol.

Sementara Persija Jakarta harus menerima denda sebesar 50 juta karena suporter melakukan peleparan botol pada pertandingan Persija melawan PSIS pada Selasa (18/09/18).

Persebaya Surabaya mendapatkan denda sebesar 112,5 juta karena hal serupa. Para suporter Persebaya terlibat dalam pelemparan botol pada pertandingan Perebaya vs Mitra Kukar pada Sabtu (22/09/18).

Selanjutnya ada PSMS Medan yang mendapatkan denda sebesar 75 juta karena suporternya terbukti menyalakan flare pada pertandingan PSMS melawan Persela pada Jumat (21/09/18). Sementara Perseru Serui harus membayar denda sebesar 50 juta karena melanggar fair play pada pertandingan melawan PSIS pada Minggu (23/09/18).

Sementara itu, Komisi disiplin (Komdis) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjatuhkan tiga sanksi kepada klub Liga 1, Persib Bandung.

Ya, Komdis PSSI merilis hasil sidangnya pada Senin (24/09/18) kemarin. Total ada 19 keputusan yang dihasilkan dalam sidang tersebut. Di antara 19 keputusan tadi, beberapa ada yang menyangkut soal sanksi terhadap Persib. Komdis pun telah memutuskan untuk menjatuhkan tiga buah sanksi kepada klub berjuluk Maung Bandung.

Sanksi pertama, didapat Persib akibat ulah pemainnya, Patrich Wanggai, kala lawatan ke kandang Mitra Kukar. Wanggai dianggap bersalah setelah menginjak pemain Mitra Kukar, dan dihukum larangan bermain tiga laga serta denda 10 juta Rupiah.

Sanksi berikutnya yang diterima Persib akibat ulah tidak disiplin Bobotoh kala menjamu Arema FC. Bobotoh terbukti bersalah melakukan pelemparan botol ke lapangan dan Persib didenda sebesar 50 juta Rupiah.

Terakhir, sanksi ketiga datang akibat kelalaian Panita Pelaksana pertandingan Persib dan dikenai denda sebesar 50 juta Rupiah. Panpel Persib kedapatan melakukan kesalahan dengan membiarkan orang tidak dikenal masuk ke ruangan wasit.


Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT 

Penulis: Daniel Ramos Putra.

 

166