Bola Internasional

Mirip Persib, Laga Kroasia vs Inggris Digelar Tanpa Penonton

Senin, 8 Oktober 2018 13:36 WIB
Penulis: Putra Rusdi Kurniawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport.com
Timnas Inggris tertunduk lesu usai dikalahkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018. Copyright: © Indosport.com
Timnas Inggris tertunduk lesu usai dikalahkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Laga sepak bola antara Timnas Kroasia vs Timnas Inggris dalam lanjutan UEFA Nations League dipastikan akan digelar tanpa penonton.

Pekan ini akan memasuki jeda internasional yang membuat kompetisi Liga-liga sepak bola Eropa libur sejenak digantikan oleh laga antar negara.

Salah satu laga internasional yang cukup menarik tersaji pekan ini adalah laga Kroasia vs Inggris dalam ajang UEFA Nations League, Sabtu (13/10/18) mendatang.

Laga ini adalah laga ulangan semifinal Piala Dunia 2018 lalu, di mana pada saat itu Kroasia sukses mengalahakan Tim Tiga Singa dengan skor 2-1 lewat babak perpanjangan waktu.

Namun terdapat sebuah kemiripan yang terjadi antara Persib Bandung dengan laga Kroasia vs Inggris ini. Ya, klub kebanggaan Kota Bandung itu tengah menjalani hukuman dari Komdis PSSI dengan larangan penonton yang hadir saat Persib bermain di atas lapangan saat berstatus sebagai tuan rumah.

Begitu pula dengan laga Krosia vs Inggris di Stadion NHK Rijeka pekan ini, yang dipastikan tak akan meriah karena laga ini dipastikan dihelat tanpa penonton.

© INDOSPORT.com
Mario Mandzukic mencetak gol saat Kroasia vs Inggris di Piala Dunia 2018. Copyright: INDOSPORT.comMario Mandzukic mencetak gol saat Kroasia vs Inggris di Piala Dunia 2018.

Menurut portal berita olahraga, Sky Sport, hal ini terjadi karena Kroasia harus menjalani hukuman dari UEFA setelah pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 kontra Italia pada 12 Juni 2015 terdapat lambang Swastika di lapangan.

Akibatnya Kroasia harus menerima hukuman harus memainkan dua laga tanpa penonton di laga kandang dari UEFA karena dianggap melanggar aturan mengenai dilarangnya adanya simbol politik dalam pertandingan sepak bola.

Swastika sendiri merupakan simbol yang sering digunakan oleh Nazi pada Perang Dunia kedua.

Hukuman bagi Kroasia ini terasa begitu lama karena Luka Modric dkk tak menjalankan laga kandang di kompetisi UEFA sejak berhadapan dengan Bulgaria pada Oktober 2015.

Bicara soal waktu hukumannya, Kroasia mengalami perbedaan dengan Persib yang mana harus menjalani laga tanpa penonton hingga Liga 1 2018 usai, dan laga kandang tanpa penonton hingga paruh musim 2019 nanti.

Usai melakoni laga tanpa penonton kontra Inggris, Kroasia dipastikan sudah bebas dari hukuman dan sudah diperbolehkan kembali menggelar laga dengan penonton kala menghadapi Spanyol pada laga UEFA Nations League.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT