Liga Indonesia

Pentolan Fans PSM: Ada Celah di Aturan PSSI Soal Nyanyian Rasis

Selasa, 16 Oktober 2018 13:32 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Federasi tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI mengeluarkan aturan baru tentang larangan koreografi dan nyanyian berbau rasis.

Pentolan suporter PSM Makassar, Uki Nugraha atau yang dikenal Daeng Uki menanggapi serius perihal aturan tersebut. Menurutnya, aturan itu memiliki celah untuk dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Meski demikian Daeng Uki pada dasarnya setuju dengan imbauan kepada para suporter untuk tidak bernyanyi rasis dan membuat koreografi yang memancing ketegangan.

Pria yang nyentrik dengan potongan mohawk ini meminta kepada semua pihak untuk saling menjaga situasi dalam sebuah pertandingan tetap kondusif tanpa menghilangkan unsur euforia dan kreatifitas suporter.

"Yah. Insya Allah teman-teman suporter PSM Makassar sudah dewasa semua. Cuma kita harus tetap waspada dengan provokator atau oknum yang mungkin tidak senang dengan PSM," katanya kepada awak INDOSPORT, Minggu (14/10/18) kemarin.

Namun, ketua kelompok suporter Laskar Ayam Jantan ini menegaskan bahwa aturan itu jangan sampai dijadikan celah untuk mengganggu fokus pemain di dalam lapangan.

Sebab, kabarnya aturan itu memberikan hak kepada wasit untuk menghentikan sementara laga jika wasit keempat memberikan rekomendasi.

Nah, Daeng Uki memberikan contoh semisalnya tiba-tiba ada nyanyian berbau rasis di pinggir lapangan yang entah dilakukan oleh siapa terdengar oleh wasit. Kemudian wasit mengehentikan laga tanpa melakukan crosscheck dengan detail maka tentu hal itu bisa menggangu jalannya pertandingan.

"Tapi kita juga tidak mau kalau aturan itu malah dimanfaatkan oleh oknum perangkat pertandingan dan juga Komdis," bebernya.

Aturan tentang nyanyian rasis ini tegas jika kejadian berulang sampai tiga kali, maka pertandingan tersebut akan dihentikan sepenuhnya dan dianggap selesai.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM