Bola Internasional

Prediksi Pertandingan Piala Asia U-19 2018: Timnas Indonesia vs Taiwan

Kamis, 18 Oktober 2018 06:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Timnas Indonesia U-19 vs Taiwan U19 Copyright: © INDOSPORT
Timnas Indonesia U-19 vs Taiwan U19

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 akan mengawali laga pertamanya di kompetisi sepak bola bergengsi di Benua Asia, Piala Asia U-19 2018 dengan menghadapi negara asal Asia Timur, Taiwan U-19, Kamis (18/10/18) malam nanti.

Laga yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) ini secara langsung akan menjadi hal yang menentukan kiprah selanjutnya anak asuh Indra Sjafri di turnamen dua tahunan itu.

Pertama karena di atas kertas Taiwan U-19 menjadi lawan yang relatif sepadan bagi Timnas Indonesia U-19 dibanding lawan-lawan berikutnya di Grup A, yakni Qatar dan Uni Emirates Arab (UEA).

Selain itu, kemenangan tentu akan menjadi pemompa semangat yang efektif untuk menyambut laga-laga berikutnya di Piala Asia U-19.

Untuk strategi permainan, rasanya Indra Sjafri tak akan banyak melakukan perubahan. Masih akan mengandalkan kecepatan di sisi sayap, Timnas Garuda Nusantara akan mencoba mencari peruntungan dengan mencuri gol ke gawang Taiwan U-19.

Satu hal yang menjadi menarik, kemungkinan besar di laga nanti Indra Sjafri akan menurunkan megabintangnya, Egy Maulana Vikri sejak menit awal pertandingan.

Bersama Saddil Ramdani yang acap kali menjadi pilhan utama, keduanya akan mencoba merobek pertahanan Taiwan U-19 lewat akselerasi dan kecepatannya.

Jika Timnas Indonesia U-19 akan banyak mengandalkan kecepatan, sebaliknya Taiwan U-19 kemungkinan akan bermain lebih menunggu dan lebih banyak mengandalkan kualitas pemainnya dalam mengatur strategi.

Dengan demikian, kemungkinan Timnas Indonesia U-19 akan banyak menguasai bola memang akan terbuka lebar, namun hasil kemenangan bukan berarti akan dengan mudah didapat Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

Kuncinya ada di kesabaran dan kecerdikan para pemain depan untuk memanfaatkan peluang sekecil apapun. Jika hal itu gagal dilaksanakan dengan baik, bukan tak mungkin justru Taiwan U-19 yang kemudian mengejutkan dan sukses membawa pulang tiga poin perdana di Piala Asia U-19.

© INDOSPORT
Indonesia U19 vs Taiwan U19 (Susunan Pemain - Lima Laga Terakhir - Player to Watch - Prediksi Indosport) Copyright: INDOSPORT

Player to Watch

Egy Maulana Vikri (Indonesia U-19)

Setelah hanya diturunkan beberapa menit di laga kontra Yordania U-19, kemungkinan besar Indra Sjafri akan menurunkan Egy Maulana Vikri sejak menit awal di laga melawan Taiwan U-19.

Kemampuan dan pengalaman Egy memang sangat penting bagi Timnas Indonesia U-19. Apa lagi sang calon lawan juga memiliki pemain muda yang bermain di Eropa di lini belakang yakni Karl Fredrik.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Egy Maulana Vikri Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimEgy Maulana Vikri saat menggiring bola.

Kemampuan olah bola Egy juga bermanfaat untuk bisa menarik pemain-pemain Taiwan U-19 sehingga akan memudahkan rekan-rekan lainnya di lini depan untuk mengisi ruang kosong dan berperan sebagai pemain yang mencetak gol ke gawang Taiwan U-19.

William Donkin (Taiwan U-19)

Berlatih di Tanah Inggris sejak usia sembilan tahun, nama William Donkin patut diwaspadai skuat Timnas Indonesia U-19. Meskipun dikabarkan belum tentu bermain sejak menit awal pertandingan, nama Donkin tetap menjadi momok yang layak untuk diperhatikan oleh Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

Kemampuan Donkin dalam menjalankan strategi pelatih jelas menjadi nilai lebih yang harus diwaspadai. Selain itu, teknik tinggi pemain yang kini merumput di klub Liga Inggris, Crystal Palace U-17 itu juga menjadi ancaman lainnya.

© cpfc.co.uk
William Donkin saat membela Timnas Taiwan U-19. Copyright: cpfc.co.ukWilliam Donkin saat membela Timnas Taiwan U-19.

Donkin yang berposisi di lapangan tengah bisa menjadi lawan sulit bagi Syahrian Abimanyu untuk bisa mendominasi jalannya pertandingan.

Bukan hanya itu, kemampuan Donkin juga patut diwaspadai karena dirinya juga bisa mengancam lewat lini kedua dan maju menjadi pencetak gol untuk Taiwan U-19.

PSSI Butuh Kepastian dari Luis Milla

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-19 Lainnya Hanya di INDOSPORT

788