Bola Internasional

Tampil di Rumah Sendiri, Timnas Indonesia U-19 Alami Tekanan Mental?

Sabtu, 20 Oktober 2018 14:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-19. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia U-19, Indra Sjafri membantah jika tim asuhannya tertekan karena dibebani target tinggi yakni lolos ke babak semifinal Piala Asia U-19 2018, sebagai salah satu syarat menembus babak utama Piala Dunia U-20 2019.

Ia mengatakan justru semua pemain merasa senang karena bisa tampil dan bermain di rumah sendiri atau di hadapan penonton Indonesia.

"Tidak ada (tekanan mental), kita happy main di negara kita. Kita ingin menghibur masyarakat pencinta sepak bola Indonesia," ucapnya.

"Ya kira harus siap all out. Jangankan all out, semuanya akan kita berikan untuk bangsa dan negara," imbuh Indra Sjafri.

Saat ini, Timnas U-19 tengah berjuang di babak penyisihan Grup A dan bersaing bersama Qatar, Uni Emirat Arab serta Chinese Taipei. Laga sepak bola perdana melawan Taipei telah dilewati dengan kemenangan telak 3-1, Kamis (18/10/18) lalu.

Nantinya, pada laga kedua, skuat Garuda Nusantara bersiap menghadapi Qatar U-19 pada Sabtu (21/10/18) di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kemenangan atas Qatar akan membuat Timnas U-19 dipastikan lolos dari babak grup, pasalnya saat ini Indonesia memimpin klasemen sementara dengan torehan tiga poin (unggul selisih gol dari Uni Emirat Arab).

Oleh sebab itu, Indra Sjafri pun memastikan jika semua pemain Timnas U-19 dalam keadaan siap bertanding atau tidak ada yang mengalamiasalah cedera. Namun, pelatih 54 tahun itu enggan berbicara banyak soal kemungkinan rotasi pemain untuk melawan Qatar U-19.

"Mereka siap secara moral, mental dan secara fisik, semuanya siap. Rotasi? lihat besok karena semuanya sehat dan tak ada yang cidera," katanya.

Sekadar informasi, sebelum tampil di Piala Asia U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 memiliki modal bagus dengan mengalahkan Yordania 3-2.

Terus Ikuti Update Piala Asia U-19 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM