Liga Indonesia

Para Santri Penggila Sepak Bola, Dari Quraish Shihab Hingga Gus Dur

Senin, 22 Oktober 2018 19:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Konferensi pers pertandingan dalam laga final Liga Santri Nasional (LSN) 2017. Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Konferensi pers pertandingan dalam laga final Liga Santri Nasional (LSN) 2017.

INDOSPORT.COM - Tak dapat dipungkiri lagi jika sepak bola merupakan olahraga paling popular didunia, hampir semua elemen masyarakat menyukai olahraga kulit bundar ini termasuk para santri.

Sangat populernya olahraga sepak bola di lingkungan pesantren, sampai membuat kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Asosiasi Pesantren Nahdlatul Ulama, meresmikan Liga santri Nusantara agar bakat para santri dapat disalurkan.

Meski sepakbola pernah dinyatakan haram dimainkan oleh Arab Saudi, namun hal tersebut tak berlaku bagi para santri nasional, bahkan sepak bola sudah kadung digandrungi oleh para santri dan kiai mereka.

Dilansir dari situs Nadhlatul Ulama, seorang santri bernama Abdullah Alawi pernah begitu bangga mengisahkan Kiai Haji (KH) Saifuddin Zuhri yang sangat cinta dengan sepakbola.

“Hingga usia 45 tahun, pada 2003, ia masih turun ke lapangan memperkuat kesebelasan kampungnya. Posisinya adalah bek tengah. Mungkin saking gemarnya, kadang, dengan mengenakan sarung ia tetap bermain bola bersama santri lain" ucap Alawi.

Selain itu, dalam buku biografi Muhammad Quraish Shihab berjudul “Cahaya, Cinta, dan Canda”, terdapat potret antara Quraish bersama Kiai Syukri dan Gus Mus dalam satu tim sebelum bertanding di lapangan sepakbola.

Dikisahkan jika Quraish Shihab adalah seorang bek yang sempat bergabung di tim junior Zamalek, kesebelasan asal Kairo, yang saat itu merupakan salah satu tim besar di Mesir.

© Istimewa
Tim Sepakbola Santri Indonesia. Copyright: IstimewaTim sepakbola Persatuan Pelajar Indonesia di Mesir. Gus Mus (jongkok Ketiga dari kiri), Prof. Quraish Shihab (berkacamata, Kedua dari kanan), KH Abdullah Syukri Zarkasyi (paling kanan)

Tak hanya itu, salah satu presiden Indonesia keempat yang juga seorang santri, Gus Dur pun dikenal sangat fasih tentang bola dan kerap mengaitkan ide politiknya dengan sepak bola. 

Ulama nasional tersebut bahkan pernah begitu aktif menuangkan pikiranya tentang bola ke dalam tulisan dan kerap diundang sebagai komentator di televisi ketika ada ajang Piala Eropa maupun Piala Dunia.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT