Bola Internasional

Target Piala Asia 2018 Buat Pemain Timnas Vietnam U-19 Tertekan?

Senin, 22 Oktober 2018 10:11 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© bongda
Pemain Vietnam U-19 berlatih di Bekasi jelang Piala AFC U-19 2018. Copyright: © bongda
Pemain Vietnam U-19 berlatih di Bekasi jelang Piala AFC U-19 2018.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas sepak bola Vietnam U-19, Hoang Anh Tuan, dianggap jadi penyebab kekhawatiran tim nasional setelah keputusannya untuk menargetkan diri meraih babak semifinal Piala Asia U-19 2018 demi mengamankan tiket Piala Dunia U-20.

Menurut laman berita olahraga The Thao Van Hoa, target tersebut membuat para pemain Timnas sepak bola Vietnam U-19 merasa tertekan, sehingga mereka tak bisa bermain dengan baik di turnamen sepak bola bergengsi se Asia itu.

Tekanan tersebut juga diyakini sebagai penyebab kekalahan Timnas Vietnam dari Timnas sepak bola Yordania dengan skor 1-2 pada akhir pekan lalu.

Sekadar informasi, Timnas Vietnam U-19 memasuki turnamen Piala Asia U-19 2018 tidak seperti generasi pelatih sebelumnya. Banyak pemain-pemain berbakat Vietnam kala itu yang kini sudah tidak memperkuat Timnas Vietnam U-19.

Pada Piala Asia U-19 2016 kemarin Vietnam berhasil melaju mulus hingga fase semifinal. Kini, Hoang Anh Tuan menetapkan tujuan yang sama di Piala Asia U-19 2018.

Hal ini yang membuat Timnas Vietnam U-19 harus memikul tekanan berat dari generasi sebelumnya. Padahal, banyak dari mereka yang dinilai belum mempunyai mental yang kuat serta belum memiliki banyak pengalaman.

Hal itu pun diakui oleh mantan pelatih Timnas Vietnam U-19, Doan Minh Xuong.

© Fitra Herdian/Indosport
Hoang Anh Tuan  dalam jumpa pers. Copyright: Fitra Herdian/IndosportHoang Anh Tuan dalam jumpa pers.

"Timnas Vietnam U-19 menunjukkan gaya bermain yang cukup bagus di bawah pelatih Hoang Anh Tuan. Tapi masalahnya waktu mereka bermain dengan tim tidak banyak. Hoang Anh Tuan tidak se-profesional pelatih sebelumnya. Pemain ini juga tidak banyak memiliki pengalaman pertandingan internasional,” ucap Minh Xuong.

“Masalah lain adalah psikologi mereka tidak benar-benar stabil karena liga yang berat, untuk memenangkan pertandingan pertama sangat sulit. Dan setelah kekalahan melawan Yordania, kami hanya berharap keajaiban dalam dua pertandingan selanjutnya,” tuturnya.

Fakta dari Hoang Anh Tuan menunjukkan bahwa ketika harapan meningkat, kekecewaan bisa sebanding dengan itu. Di level tim nasional saat ini, kurangnya pemain yang memiliki pengalaman yang cukup membuat cemas banyak pihak.

Timnas Vietnam U-19 akan bertanding melawan Australia U-19 pada laga kedua Grup C di turnamen Piala Asia U-19 2018 pada Senin (22/10/18) pukul 16.00 WIB.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-19 Lainnya Hanya di INDOSPORT