Bola Internasional

Ternyata Kalimat Tauhid Pernah Menempel di Bola Piala Dunia dan Mendapat Protes Keras

Selasa, 23 Oktober 2018 10:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© terbitnews
Kalimat Tauhid di Bola Piala Dunia Copyright: © terbitnews
Kalimat Tauhid di Bola Piala Dunia

INDOSPORT.COM - Belakangan tengah viral kasus pembakaran bendera berlafadzkan kalimat Tauhid, oleh sekelompok ormas, saat peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (22/10/2018) lalu.

Insiden tersebut langsung mendapat reaksi beragam dari para warga, banyak yang menyayangkan aksi kurang terpuji tersebut dan berharap oknum pelaku segera ditangkap.

Kalimat Tauhid memang menjadi tulisan suci bagi agama Islam, selain menjadi simbol keagungan juga menjadi titik sengketa antara umat islam dengan kaum musyrikin.

Sangat sucinya kalimat tersebut, banyak organisasi dan negara yang menggunakan kalimat tersebut sebagai lambang kelompok maupun lambang negara mereka.

Salah satunya adalah Arab Saudi yang menjadikan kalimat Tauhid sebagai simbol di bendera mereka, namun karena dijadikan sebagai lambang bendera, bendera Arab Saudi kerap terpampang di berbagai lokasi yang dianggap kurang etis.

Di antaranya yang cukup mengundang kontroversi adalah penempatan bendera Arab Saudi di bola Piala Dunia edisi 2010 dan 2018 lalu, meski hanya terpampang di bola souvenir namun kehadiran lafadz Tauhid di sebuah bola tetap menjadi persoalan tersendiri.

© islami
Bendera Dengan Logo Kalimat Tauhid Copyright: islamiBendera Dengan Logo Kalimat Tauhid

Bahkan lembaga Muslim Indonesia & Direktur Eksekutif Al Mentra Institute, telah melayangkan surat klarifikasi dan Nota Keberatan Penempelan Kalimat Tauhid pada Bola kepada Otoritas Penyelenggara Piala Dunia /FIFA.

Arab Saudi sendiri memang sangat keras tentang olahraga sepak bola, meski negaranya cukup digdaya di level Asia namun pemerintahan Arab Saudi sempat melarang tak menyiarkan laga Live Piala Dunia lantaran para suporter berbusana bikini.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%