Liga Indonesia

Dari 10 Klub, Arema, Persija dan Persib Lolos Sempurna Sebagai Klub Profesional AFC

Rabu, 24 Oktober 2018 05:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sepuluh klub Liga 1, tahun ini resmi mendapat lisensi sebagai klub profesional dari konfederasi sepak bola Asia, AFC.

Klub-klub tersebut adalah Arema FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Barito Putera, Bali United, Borneo FC, Bhayangkara FC, Madura United, Persipura Jayapura dan PSM Makassar.

Dari jumlah tersebut, tiga diantaranya dinyatakan lolos sempurna atau tanpa catatan yakni Arema, Persija dan Persib. Sedangkan empat lainnya yaitu Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Persipura Jayapura dinyatakan lolos verifikasi pada 15 Oktober lalu, namun dengan beberapa catatan.

Sementara itu, PSM Makassar, Madura United, dan Barito Putera mendapat lisensi setelah melakukan banding yang diberi waktu sampai 18 Oktober lalu. 

Kepala Departemen Lisensi Klub PSSI, Tigor Shalom Boboy, menjelaskan pihaknya telah melakukan verifikasi sejak 15 April lalu dan berakhir 31 Agustus 2018.

Selanjutnya, mereka menyerahkan berkas tersebut ke AFC untuk diproses lebih lanjut dan disahkan sebagai klub profesional.

"Jadi perhari ini ada 10 klub yang dapat lisensi. 3 klub granted (tanpa catatan) 7 klub granted with sanction (dengan catatan karena hanya memenuhi kriteria A, tapi belum kriteria B) dan tiga klub lain mendapat lisensi setelah melakukan banding (kriteria A belum lengkap) yang diberi waktu sampai 18 Oktober," jelas Tigor.

Lolosnya 10 klub Liga 1 sebagai klub profesional AFC membuka kesempatan yang cukup banyak bagi tim Indonesia berpartisipasi di kejuaraan Asia yakni Liga Champions Asia maupun Piala AFC di tahun depan. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun lalu hanya ada lima klub yang lolos verifikasi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.

951