Bola Internasional

Pelatih Optimistis Thailand Pertahankan Gelar Piala AFF 2018

Rabu, 24 Oktober 2018 20:57 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Timnas Thailand Juara AFF 2016 Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Timnas Thailand Juara AFF 2016

INDOSPORT.COM - Thailand bertekad mempertahankan gelar di Piala AFF 2018 ini sekaligus mencetak hattrick setelah di dua edisi sebelumnya (2014 dan 2016) mereka meraih juara.

Pelatih tim nasional Thailand Milovan Rajevac menegaskan target Tim Gajah Putih ini adalah mempertahankan gelar di Piala AFF 2018 yang akan dimulai dari 8 November 2018 hingga 17 Desember 2018. Pria Serbia ini ingin mengubah tekanan mempertahankan gelar menjadi motivasi agar pemain tidak stres.

"Kami di bawah tekanan namun saya akan berusaha membuat para pemain mengubah tekanan menjadi motivasi. Kami akan lakukan yang terbaik," papar Rajevac sebagaimana dilansir Bangkok Post.

Thaland akan tampil di Piala AFF 2018 tanpa empat pemain yang merumput di luar negeri (Jepang dan Belgia) karena kejuaraan Asia Tenggara ini di luar kalender turnamen internasional FIFA.

Ini artinya Thailand bakal tanpa playmaker Chanathip Songkrasin, penyerang Teerasil Dangda, pemain sayap Theerathon Bunmathan, dan kiper Kawin Thamsatchanan.

Namun, itu tidak mengurangi optimisme Rajevac di ajang Piala AFF 2018 ini: "Kami akan tampil tanpa keempat pemain tersebut namun saya percaya kepada pemain lainnya. Kami adalah tim semua orang sama pentingnya," tambah Rajevac. 

Di Piala AFF 2018 nanti, Thailand berada di Grup B dengan Timor Leste, Filipina, Singapura, dan Indonesia, negara yang dikalahkan di final Piala AFF 2016 lalu.

Namun, Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab akan menjadi tolok ukur kinerja Rajevac sebagai pelatih. Di turnamen yang akan berlangsung Januari tahun depan, Thailand ditargetkan lolos ke-16 besar, sebuah target yang tak mudah juga mengingat persaingan begitu ketat dari tim-tim seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Iran.

"Kami belum pernah mencapai putaran 16 besar Piala Asia, jadi itu adalah target kami," lanjut mantan bek ini.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

501