Bola Internasional

Lolos 8 Besar Setelah 40 Tahun, AFC Soroti Penampilan Timnas Indonesia U-19

Jumat, 26 Oktober 2018 11:44 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Egy Maulana, Syahrian Abimanyu, dan Hanis menangis haru usai lolos ke perempatfinal Piala Asia U-19 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Egy Maulana, Syahrian Abimanyu, dan Hanis menangis haru usai lolos ke perempatfinal Piala Asia U-19 2018.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 berhasil mencetak sejarah, dengan melangkah ke babak perempatfinal kompetisi sepak bola Piala Asia U-19 setelah 40 tahun absen. Capaian tersebut pun mendapat perhatian khusus dari Induk Sepak Bola Asia, AFC.

Sebelumnya, Timnas Indonesia belum pernah mampu menembus babak perempatfinal alias hanya menjadi penghangat di babak penyisihan grup Piala Asia U-19 dan tak jarang menjadi lumbung gol tim-tim lain.

Melalui akun Instagram resminya, AFC memuji penampilan spartan Egy Maulana Vikri dan kolega yang mampu menaklukan Timnas sepak bola UEA U-19, meski dalam laga tersebut Timnas Indonesia U-19 hanya bermain dengan 10 pemain.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#FlashbackFriday to when Witan Sulaeman's goal ends Indonesia 40 years drought! #AFCU19

A post shared by AFC (@theafchub) on

Sepanjang sejarah keikutsertaan Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19, skuat Garuda Nusantara sejatinya memiliki catatan cukup impresif dengan berhasil keluar sebagai juara pada tahun 1962.

Namun memasuki periode 1980-an, Timnas Indonesia U-19 mengalami kemunduran dengan hanya mampu tampil di babak penyisihan grup dan tak pernah lolos ke perempat final.

Bahkan dalam gelaran 2004 dan 2014, Timnas Indonesia U-19 menjadi lumbung-lumbung gol serta tak mampu mencatatkan satu kemenangan maupun hasil imbang, alias kalah tiga kali beruntun dan menjadi juru kunci.

Kini dengan berhasilnya Timnas Indonesia U-19 masuk ke perempatfinal, semakin membuka kesempatan dan mimpi Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Pasalnya, dengan meraih satu kemenangan lagi di babak perempatfinal akan membuat Timnas Indonesia U-19 dapat berpartisipasi di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Ikuti Terus Berita Terbaru Seputar Sepak Bola Piala Asia U-19 2018 dan Timnas Indonesia U-19 Lainnya di INDOSPORT.COM

1.3K