Liga Indonesia

Kemenpora: Timnas U-19 Bukti Nyata Semangat Sumpah Pemuda Telah Bangkit

Minggu, 28 Oktober 2018 14:20 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas indonesia U-19 jelang melawan UEA U-19. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas indonesia U-19 jelang melawan UEA U-19.

INDOSPORT.COM - Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ke-90, Minggu (28/18/10) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan sebuah apresiasi untuk 36 pemuda Indonesia yang dinilai berprestasi dalam beberapa bidang. Salah satunya adalah para penyandang disabilitas berprestasi.

Dalam acaranya tersebut, Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan bahwa Asian Games dan Asian Para Games merupakan bahwa kedua ajang olahraga terbesar Asia ini adalah bukti nyata dari penghidupan semangat Sumpah Pemuda di dalam tubuh para pemuda-pemudi Indonesia.

"Asian Games dan Asian Para Games bukan hanya menjadi tonggak prestasi Indonesia dalam bidang olahraga melainkan juga memunculkan inovasi dan kreativitas dalam bidang lain. Prestasi-prestasi itu perlu terus dirawat dalam peringatan sumpah pemuda," ucapnya dilansir Antara.

Menurutnya, para pemuda-pemudi Indonesia yang membuat ikrar Sumpah Pemuda 90 tahun yang lalu, kini telah kembali. Mereka terbangun dalam tubuh para penggawa Timnas Indonesia U-19 yang bersatu untuk membela Indonesia, tanpa melihat latar belakang etnis, sosial, ataupun agama.

Terlebih lagi, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi U-19 Jepang yang notabene adalah musuh Tanah Air semasa jaman penjajahan silam. Tak ayal, semangat para pemain U-19 Indonesia akan berkobar-kobar, layaknya para pejuang dahulu kala.

"Tepat pada 90 tahun lalu, ikrar Sumpah Pemuda dibacakan oleh anak-anak muda dari berbagai latar belakang etnis, sosial, bahasa, serta agama. Keberagaman latar belakang itu tidak menghalangi mereka untuk bersatu. Bahkan, keberagaman meneguhkan persatuan dan kesatuan,” lanjutnya.

Penulis: Ridi Fadhilah Khan

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia U-19 Lainnya Hanya di INDOSPORT

220