Liga Spanyol

Kemiripan dan Beda Karier Zidane dan Solari di Real Madrid

Selasa, 30 Oktober 2018 17:51 WIB
Penulis: Putra Rusdi Kurniawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sky Sports
Santiago Solari, pelatih anyar Real Madrid. Copyright: © Sky Sports
Santiago Solari, pelatih anyar Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Pelatih sementara Real Madrid, Santiago Solari ternyata memiliki perjalanan karier yang hampir mirip dengan Zinedine Zidane.

Real Madrid resmi menunjuk Santiago Solari sebagai pelatih sementara (careteker) usai memecat Julen Lopetegui. Lopetegui dipecat setelah kekalahan 1-5 dalam laga Barcelona vs Real Madrid di Stadion Camp Nou, Minggu (28/10/18) dalam laga bertajuk El Clasico.

Mantan pelatih Timnas Spanyol ini juga memiliki catatan yang cukup buruk dari total 14 laga yang ia lakoni bersama Real Madrid dengan 6 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 6 kekalahan. Pengganti Lopetegui yaitu Santiago Solari akan mulai menangani Los Blancos mulai Selasa (30/10/18).

Para pendukung Real Madrid kini patut berharap pada pria asal Argentina ini untuk bisa kembali mengangkat prestasi klub asal Ibu Kota Spanyol ini.

Solari sendiri bisa dibilang sudah sangat mengenal Real Madrid, terlebih sebelum ditunjuk menjadi careteker El Real, pria berambut sebahu ini adalah pelatih tim sepak bola Real Madrid B (Castilla).

Selain itu Solari juga pernah memperkuat Real Madrid saat masih akfir menjadi pemain sepak bola yaitu pada musim 2000-2005. Perjalanan karier Solari hingga menjadi careteker Real Madrid sangat mirip dengan Zinedine Zidane yang sukses membawa Los Blancos meraih tiga gelar Liga Champions sebagai pelatih.

Zidane sama seperti Solari pernah memperkuat Real Madrid di era 2000 lalu memulai karier kepelatihannya di Castilla. Kemudian ia menjadi pelatih sementara El Real menggantikan Rafael Benitez yang dipecat sebelum diangkat sebagai pelatih tetap karena mampu mengangkat performa tim.

Kesamaan ini membuat banyak pendukung El Real berharap banyak Solari bisa mengikuti jejak Zidane. Namun menurut BBC, para pendukung Real Madrid tak selayaknya membandingkan Solari dan Zidane.

Hal ini terjadi karena reputasi pelatih sepak bola asal Prancis ini sebelum menjadi careteker Real Madrid lebih mentereng ketimbang Solari.

Zidane sebelum ditunjuk sebagai careteker Real Madrid sudah punya pengalaman di tim utama El Real sebagai asisten pelatih Carlo Ancelotti pada musim 2013-201 sedangkan Solari sepanjang karier kepelatihannya hanya menangani tim junior dan tim B Real Madrid.

Saat bermain, Zidane punya reputasi sebagai salah satu playmaker terbaik di dunia saat membela Real Madrid di era Los Galacticos sementara Solari hanya pemain pelapis di El Real yang lebih sering turun dari bangku cadangan.

Faktor di atas inilah yang mungkin akan sulit membuat Solari menyamai mentalitas Zidane kala menukangi Real Madrid.

Terus Ikuti Update Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya di INDOSPORT.COM

208