Bola Internasional

European Super League , Kompetisi Baru dengan Persyaratan 'Berat'

Sabtu, 3 November 2018 17:58 WIB
Penulis: Hesti Puji Lestari | Editor: Rafif Rahedian
© Bleacher Report
Logo European Super League. Copyright: © Bleacher Report
Logo European Super League.

INDOSPORT.com - Sejauh ini, Liga Champions menjadi satu-satunya ajang pembuktian kehebatan klub-klub Eropa. Namun ternyata otoritas tertinggi sepak bola Eropa (UEFA) merencanakan untuk menggelar Liga baru yang tak kalah seru.

Liga Chamipons sendiri merupakan sebuah kompetisi sepak bola antarklub yang diselenggarakan oleh Uni Sepak Bola Eropa Football Associations dan diikuti oleh klub-klub terbaik di Eropa.

Namun tampaknya, Liga Champions bakal punya saingan. Media Jerman, Del Spieger, melaporkan jika saat ini 11 klub papan atas Eropa sedang merencanakan pembentukan liga baru.

Media itu mendapat bocoran dokumen yang menyebutkan adanaya kesepakatan 11 klub papan atas Eropa dari situs berita olahraga, Football Leaks. Bahkan, kesebelasnya telah mencapai kesepakatan awal untuk membuat kompetisi Eropa baru.

European Super League menjadi nama liga yang konon bakal jadi saingan Liga Champions. Namun, kompetisi ini dikabarkan memiliki persyaratan yang lebih berat dibandingkan dengan Liga Champions.

Pasalnya, liga yang baru akan dimulai tahun 2021 ini mungkin saja membuat pemainnya meninggalkan kompetisi domestik bahkan keluar dari federasi sepak bola negaranya.

Klub-klub yang kabarnya sudah mencapai kesepakatan awal adalah Real Madrid, Barcelona, Bayern Munich, Juventus, Paris Saint-Germain, AC Milan, Chelsea, Arsenal, Liverpool, Manchester United, dan Manchester City. 

Sementara itu, Atletico Madrid, Borrussia Dortmund, Marseille, Inter Milan, dan AS Roma juga sepakat bergabung sebagai tamu. Untuk pengelolaannya sendiri European Super league akan dikelola oleh perusahaan yang bermarkas di Spanyol.

Seperti apa wujud European Super League ini, pecinta sepak bola internasional patut menunggu kelanjutannya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lain Serta Serba-serbi Bola Internasional di INDOSPORT.

767