Bola Internasional

RCTI Sampaikan Kabar Buruk Soal Tayangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Selasa, 6 November 2018 20:45 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga Persahabatan Timnas Indonesia vs Mauritius. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Laga Persahabatan Timnas Indonesia vs Mauritius.

INDOSPORT.COM - Beberapa hari jelang bergulirnya turnamen sepak bola Piala AFF 2018, sebuah kabar buruk disampaikan oleh RCTI mengenai siaran pertandingan untuk Timnas Indonesia.

Turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 akan segera dimulai, pada Kamis (08/11/18). Sebanyak 10 negara akan dibagi dalam dua grup, untuk saling baku hantam memperebutkan gelar juara. 

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama tim-tim kuat yakni Singapura, Filipina, dan Thailand serta negara pelengkap, Timor Leste.

Di laga perdana, Timnas Indonesia akan melakoni laga tandang terlebih dahulu melawan Singapura di Singapore National Stadium, Jumat (09/11/18) nanti.

Namun sayang, sebuah kabar kurang sedap justru datang beberapa hari sebelum pertandingan tersebut dimulai, yakni mengenai siaran langsung yang diumumkan oleh RCTI.

Melalui akun Twitter resminya, RCTI selaku pemegang hak siar Piala AFF 2018 menyebut, kalau seluruh pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, hanya bisa disaksikan melalui channel UHF dan MNC Now. 

Kondisi ini tentunya akan mengundang banyak kritikan dari publik Tanah Air. Sebab, masyarakat di beberapa daerah khususnya di wilayah pedalaman, terancam tidak bisa menyaksikan anak asuh Bima Sakti berlaga, lantaran jangkauan sinyal antena UHF yang tidak semuanya dapat diakses.

Pada akhirnya pertandingan Timnas Indonesia nanti kemungkinan tidak akan dapat disaksikan, atau biasa sering disebut dengan diacak, jika masyarakat daerah menggunakan parabola. 

Masalah tersebut pernah terjadi pada siaran pertandingan Timnas Indonesia di cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018.

Bahkan, SCTV selaku pemegang hak siar kala itu, mendapat teguran dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, karena melakukan pengacakan siaran kepada masyarakat di daerah, sehingga tidak bisa menyaksikan perjuangan Skuat Garuda.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

2.7K