Bola Internasional

Piala AFF 2018: Pelatih Timnas Singapura Mengaku Iri dengan Sepak Bola Indonesia

Jumat, 9 November 2018 10:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© FOX Sports Asia
Fandi Ahmad besut Timnas Singapura di Piala AFF 2018. Copyright: © FOX Sports Asia
Fandi Ahmad besut Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Singapura, Fandi Ahmad, mengaku mengawal The Lions ke Piala AFF 2018 merupakan puncak karier sepak bolanya karena telah mendambakan hal tersebut sejak dua dekade lalu.

Sebagai mantan pemain sepak bola bintang untuk Singapura, ia akhirnya mendapatkan pekerjaan yang didambakan pada Mei lalu, ketika Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) menunjuknya menjadi pelatih sementara untuk meraih target semifinal Piala AFF, meski harus berkutat dengan takdir pemecatan jika Fandi gagal.

"Bahkan jika itu untuk waktu yang singkat, saya menantikannya. Terutama setelah karier bermain, ini adalah level tertinggi untuk pelatih. Saya bangga menjadi orang Singapura, saya bangga diberi kesempatan," kata Fandi, kepada media The Strait Time.

"Mudah-mudahan, para pemain akan melakukannya dengan baik karena saya telah mengenal mereka untuk beberapa waktu dan ikatan dan persahabatan akan membantu kami melalui permainan ini.”

Jelang laga debutnya kontra Timnas Indonesia sebagai laga pembuka Grup B Piala AFF 2018, Fandi pun mengungkapkan bahwa ia terhadap gaya permainan sang rival.

© Istimewa
Fandi Ahmad.l. Copyright: IstimewaFandi Ahmad.l.

"Secara teknis Indonesia sangat kuat. Saya menikmati tontonan satu-dua pertandingan mereka. Kami iri dengan gaya sepak bolanya tetapi apa yang kami miliki, kami memanfaatkannya sepenuhnya. Motivasi kami sangat kuat,”

“Kedua tim memang pernah bertemu sebelumnya, pada 1997, Lions berhadapan dengan Timnas Indonesia di semifinal SEA Games di Jakarta. Tim Garuda menang 2-1, di mana Fandi menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol untuk The Lions, sedangkan Fachry Hussaini, dan Bima Sakti menjadi pahlawan bagi Indonesia.

"Saya mencetak gol dan 100 ribu penggemar di Stadion Senayan dibungkam.Tapi untuk kekecewaan saya, saya dilepas setelah itu dan kami kalah,” tambahnya sambil tersenyum.

Malam ini akan menjadi pertandingan kompetitif pertamanya sebagai pelatih sepak bola nasional yang dinantinya setelah 21 tahun lamanya. Indonesia vs Singapura akan berlangsung pada Jumat (09/11/18) pukul 19.00 WIB di Stadion Nasional Singapura.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT