Liga Indonesia

Terungkap! Ini Alasan Persebaya Lakukan 'Ritual' Setiap Kali Pertandingan

Senin, 12 November 2018 00:42 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Abdurrahman Ranala
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Ritual Persebaya berkumpul di tengah lapangan, usai laga melawan Madura United. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Ritual Persebaya berkumpul di tengah lapangan, usai laga melawan Madura United.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya kembali menang 3-0 melawan PSM Makassar pada Sabtu (10/11/18) kemarin. Salah satu pemain Bajul Ijo Misbakhus Solikin mengatakan kunci kemenangan Bajul Ijo saat melawan Ayam Jantan Dari Timur kemarin adalah kekompakan dan juga komunikasi antar pemain.

Adapun cara untuk menjalin dua hal tersebut, Misbakhus Solikin dan Persebaya Surabaya punya cara unik. Mereka terlihat selalu berkumpul di tengah lapangan baik itu menjelang kick off maupun setelah pertandingan usai.

Skuat Bajul Ijo ini berkumpul di tengah lapangan membentuk lingkaran tepat di tengah-tengah lingkaran lapangan. Disaat itulah semua pemain saling bahu-membahu untuk saling mendukung.

"Kita selalu di tengah itu saling mengingatkan pemain satu sama lain. Kita komunikasi sebelum pertandingan, komunikasi ini penting juga untuk kami agar kami tidak gugup selama pertandingan berlangsung," ujar Misbakhus Solikin.

Tidak hanya itu saja setiap kali ada pemain Persebaya Surabaya yang mencetak gol. Secara otomatis pasti hampir semua pemain melakukan ritual serupa namun tidak mereka habiskan dalam waktu lama, hanya untuk selebrasi saja mengucapkan syukur usai mencetak gol.

Cara ini pun terbilang ampuh untuk membuat skuat Bajul Ijo tampil trengginas dan juga ngotot khas permainan tim kebanggaan Bonek Mania ini. Ritual ini sebenarnya sudah mereka lakukan sejak berlaga di Liga 2 pada tahun 2017 lalu. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM