Liga Indonesia

Keren! Jakmania Bisa Jadi Contoh Suporter Panutan di Liga 1 2018

Senin, 12 November 2018 20:03 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Jakmania, suporter Persija Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Jakmania, suporter Persija Jakarta.

INDOSPORT.COMPersija Jakarta telah melakoni laga kandangnya vs PS TIRA pada Sabtu (10/11/18) lalu dalam lanjutan pekan ke-30 Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) musim 2018.

Bermarkas di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Persija Jakarta harus puas dengan berbagi poin setelah berhasil ditahan imbang PS TIRA.

Di balik hasil imbang yang diterima Persija Jakarta, ternyata ada satu hal yang menjadi sorotan publik setelah laga tersebut usai.

Suporter klub sepak bola Persija Jakarta, Jakmania, mencuri perhatian publik dengan melakukan aksi bersih-bersih stadion setelah pertandingan selesai.

Seperti yang dilansir dari akun Twitter @InfokomJakmania, terlihat Jakmania sedang membersihkan sampah yang berserakan di tribun penonton.

Mulai dari botol-botol air mineral hingga sampah lainnya terlihat dibersihkan oleh para pendukung setia Persija Jakarta tersebut.

Hal ini tentu menjadi satu aksi positif yang diterapkan oleh pendukung sepak bola Indonesia. Hal ini juga dapat mempengaruhi pendukung kesebelasan lainnya agar lebih sadar mengenai kebersihan.

Jakmania telah menggambarkan bagaimana para pendukung setia Persija Jakarta bukan hanya mencintai klubnya dengan bersorak kala tim kesayangannya berlaga, tetapi dengan menjaga kebersihan itu juga menjadi lambang cinta Jakmania kepada Persija Jakarta.

Aksi serupa sempat menjadi viral di media sosial ketika Piala Dunia 2018 berlangsung. Pendukung dari Jepang dan Senegal terlihat mengambil dan membersihkan sampah yang berserakan di stadion tempat digelarnya pertandingan.

Kemudian aksi serupa kembali ditiru oleh pendukung tim nasional Indonesia kala timnas berlaga di stadion Patriot Chandrabaga dalam ajang Asian Games 2018.

Para penonton terlihat melakukan aksi bersih-bersih stadion setelah pertandingan antara Indonesia melawan Taiwan usai.

Semoga dengan aksi ini dapat membuka mata seluruh pendukung sepak bola Indonesia agar sadar mengenai kebersihan yang harus dijaga di setiap pertandingan yang dihadiri.

Penulis: Daniel Ramos Putra.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM