Bola Internasional

Piala AFF 2018: Pelatih Klub Indonesia Lebih Pantas Latih Filipina

Selasa, 13 November 2018 16:21 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy.

INDOSPORT.COM - Penunjukkan Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih kepala Timnas Filipina menimbulkan pro dan kontra. Menurut media asing, Simon McMenemy lebih cocok menemani Phil Younghusband dan kolega di Piala AFF 2018.

Timnas Filipina memiliki target tinggi di Piala AFF 2018. Setelah mencapai semifinal sejak edisi 2010, skuat Azkals berniat minimal pergi ke final pada Piala AFF 2018.

Segala hal pun diupayakan, termasuk mendatangkan pelatih kelas dunia Sven-Goran Eriksson. Namun, apa yang dilakukan oleh Filipina dinilai kurang tepat oleh jurnalis ESPN, John Duerden.

John Duerden khawatir dengan pengetahuan dan wawasan Sven-Goran Eriksson di sepak bola Asia, khususnya Asia Tenggara. Simon McMenemy yang kini mengarsiteki Bhayangkara FC pun dinilai lebih pantas menemani Phil Younghusband di Piala AFF 2018.

"Tidak ada tanda bahwa Eriksson akan sukses di Asia. Ada orang-orang yang sukses di masa lalu, seperti Simon McMenemy," kata John Duerden, dikutip dari ESPN.

Simon McMenemy memang sosok pembangkit sepak bola Filipina. Kala itu, ia sukses membangkitkan sepak bola Azkals dengan mengalahkan juara bertahan Vietnam di Piala AFF 2010. Lebih membanggakan lagi, mereka pergi ke semifinal pertama dalam sejarah sebelum akhirnya dihantam oleh Indonesia.

Namun, Sven-Goran Eriksson masih memiliki waktu untuk menjawab segala keraguan. Tantangan pertama dirinya yakni wajib mempersembahkan tiga poin kala Filipina menjamu Singapura di Panaad Stadium, Bacolod, Selasa (13/11/18).

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM