Liga Indonesia

Penalti Kontroversi Semen Padang, Kalteng Putra Sempat Mogok Main

Senin, 19 November 2018 19:06 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Laga keenam babak delapan besar kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 2 Grup A antara klub sepak bola Semen Padang vs Kalteng Putra diwarnai sejumlah kontroversi.

Dalam laga tersebut, klub berjuluk Kabau Sirah itu memastikan kemenangannya dengan skor akhir 3-1 atas tim tamu.

Bermain di Stadion Haji Agus Salim pada hari ini, Senin (19/11/18), kedua tim saling melancarkan serangan. Gol pembuka dilesakkan oleh pemain Kalteng Putra, I Made Wirahadi melalui sundulan mematikan di menit 31.

Tuan rumah pun membalas di waktu tambahan babak pertama, di mana aksi individu Abdul Rahman Lestaluhu coba dihentikan oleh pemain Kalteng Putra. Namun wasit Nasari menganggap tindakan itu sebagai pelanggaran.

Tak terima dengan hukuman penalti yang diberikan oleh wasit, sejumlah pemain Kalteng Putra memutuskan untuk keluar dari lapangan hijau. Aksi protes ini juga diikuti oleh sejumlah ofisial yang berada di pinggir lapangan.

Sempat terhenti selama kurang lebih tiga menit, Kalteng Putra memutuskan untuk melanjutkan pertandingan dan tendangan penalti dari Semen Padang dieksekusi oleh Manda Cingi.

Kiper Riki Pambudi gagal mengamankan gawangnya hingga kedudukan berubah menjadi 1-1.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

🎥 GOL! @semenpadangfcid. - Manda Cingi menyamakan kedudukan melalui titik putih. - @semenpadangfcid 1-1 @kaltengputra_id. - #Liga2Indonesia

A post shared by Liga 2 2018 (@liga2match) on

Babak kedua kembali menjadi momok bagi tim berjuluk Laskar Isen Mulang tersebut. Wasit kembali menunjuk titik putih lantaran menganggap bola mengenai tangan pemain Kalteng Putra.

Keputusan wasit tersebut kembali memicu kontroversi. Pemain dan ofisial tim tamu tidak terima dengan hal tersebut dan melancarkan protes kepada asisten wasit di pinggir lapangan.

Salah seorang ofisial kalteng Putra mendesak kepada pengawas pertandingan untuk melakukan pergantian wasit. Sempat terjadi perang mulut antara ofisial kedua tim terkait tuntutan tersebut.

Melihat hal itu, panitia pelaksana pertandingan segera melerainya. Manajer Semen Padang, Win Bernardino yang terlihat emosi langsung digiring kembali ke bangku cadangan.

Setelah emosi mereda, pertandingan dilanjutkan kembali. Manda Cingi kembali menjalankan tugasnya sebagai eksekutor dengan sempurna dan menjadikan skor 2-1 untuk keunggulan Semen Padang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

🎥 GOL! @semenpadangfcid. - (P) Manda Cingi ☑️ - @semenpadangfcid 2 - 1 @kaltengputra_id. - #Liga2Indonesia

A post shared by Liga 2 2018 (@liga2match) on

Gol terakhir datang dari kaki Rizki Novriansyah di injury time babak kedua. Kemenangan 3-1 membuat Semen Padang melenggang ke babak semifinal Liga 2 2018 dengan koleksi 10 poin, poin yang sama dengan Kalteng Putra yang juga melaju ke babak semifinal.

Penulis: Martini

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

464