Bola Internasional

Alasan Honda Tangani Timnas Kamboja di Piala AFF 2018 Bikin Sedih

Selasa, 20 November 2018 16:15 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Lanjar Wiratri
© AFC
Keisuke Honda memimpin latihan Timnas Kamboja. Copyright: © AFC
Keisuke Honda memimpin latihan Timnas Kamboja.

INDOSPORT.COM - Ternyata ada alasan sedih di balik keputusan Keisuke Honda menangani Timnas sepak bola Kamboja yang tengah berlaga di Piala AFF 2018. 

Awal karier Keisuke Honda sebagai pelatih Timnas Kamboja memang tidak berjalan mulus. Di turnamen Piala AFF 2018 yang tengah berlangsung saat ini, Kamboja bahkan mengalami kekalahan beruntun di dua pertandingan perdananya.

Namun terlepas dari itu semua, bintang sepak bola legendaris Jepang tersebut memiliki niat mulia untuk mengembangkan sepak bola di tanah Kamboja.

Ia pun berharap dapat membawa banyak kebahagiaan bagi orang-orang Kamboja dan Asia Tenggara melalui sepak bola.

“Di Kamboja, masiih banyak yang hidup dalam kesegsaraan. Melalui sepak bola, saya ingin memberi mereka keberanian dan energi untuk menghadapi masa depan. Semoga proyek ini bisa membantu mereka,” ucap Honda, seperti dikutip dari situs berita sport, Fox Sports Asia.

© Kyodo News
Keisuke Honda saat memimpin skuat Kamboja di laga persahabatan melawan Malaysia. Copyright: Kyodo NewsKeisuke Honda saat memimpin skuat Kamboja di laga persahabatan melawan Malaysia.

“Saya rasa satu hal yang hebat dari Kamboja adalah orang-orangnya yang memiliki hasrat besar. Saya pernah mendengarnya dari kakek dan nenek saya. Situasinya sama seperti Jepang saat melewati ledakan ekonomi,” tambahnya.

Honda yang masih aktif bermain di Melbourne Victory tersebut pun harus pintar membagi waktunya untuk klub dan Timnas Kamboja. Ia pun sadar betul bahwa masih banyak orang yang mungkin meragukan kesanggupannya.

Akan tetapi, niat Honda sudah bulat untuk menggunakan kapasitas yang ia miliki saat ini guna meraih tujuan mulia yang ia cita-citakan tersebut.

“Orang-orang mungkin berpikir apa yang saya bisa lakukan sebagai seorang pelatih sepak bola? Namun saya punya tanggung jawab. Saya harap akan lebih banyak orang yang dapat merasakan hal spesial yang bisa memotivasi mereka untuk berusaha lebih keras,” pungkasnya.

Ikuti Terus Berita sepak bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM