Liga Indonesia

Bek Barito Sebut Nihil Pemain Papua Jadi Kunci Kegagalan Timnas Indonesia

Jumat, 23 November 2018 16:38 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Goal.com
Roni Beroperay saat masih bermain di Persipura Jayapura Copyright: © Goal.com
Roni Beroperay saat masih bermain di Persipura Jayapura

INDOSPORT.COM - Roni Beroperay ikut bicara perihal terpuruknya prestasi Timnas sepak bola Indonesia senior yang terhenti di babak penyisihan Grup B kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018.

Hal itu merupakan sebuah hasil buruk yang menghentikan tradisi tim Merah Putih bersaing di jalur juara, setelah mampu meraih posisi runner-up pada edisi 2016 lalu.

Bagi Roni, timnas saat ini memiliki masalah yang cukup besar. Penilaian itu tak lain karena Bima Sakti memilih untuk tidak memanggil pemain asal Papua yang selama ini rutin menghuni skuat timnas pada setiap even internasional selama bertahun-tahun.

Hal itu sudah terbukti, di mana para pemain Papua ikut membawa harum tim Merah Putih di Piala AFF. Padahal, para putra terbaik Papua saat ini sedang berada dalam kondisi bagus bersama tim masing-masing, seperti Patrich Wanggai di Persib Bandung, Titus Bonai di Borneo FC maupun Boaz Solossa bersama Persipura Jayapura.

"Menurut saya, timnas bermasalah. Karena pemain Papua memberi warna dalam sepak bola kita, dengan bermain di beberapa klub lain," tutur pemain bernama lengkap Roni Esar Felix Beroperay tersebut.

Kebijakan aneh itu juga dianggap sebagai ketidakadilan. Karena tim nasional adalah impian bagi setiap pemain, yang berasal dari seluruh penjuru negeri, bukan hanya Papua maupun daerah lainnya.

"Karena semua pemain di Indonesia ikut berjuang bersama timnas. Lagipula, Indonesia itu kan dari Sabang sampai Merauke," cetus bek kiri andalan Jacksen Tiago yang berusia 26 tahun itu.

Roni sendiri juga pernah mencicipi seragam tim nasional meski pada level U-23. Dua kali Roni mengharumkan negara melalui prestasi Medali Perak pada gelaran Sea Games 2011 di Jakarta dan berlanjut tahun 2013 di Myanmar.

"Ya seperti ada yang kurang, kalau timnas tidak ada pemain asal Papua. Bahkan, kekuatan tim bisa berkurang sampai separuh dari yang sebenarnya dipunyai timnas," pungkas eks pemain Persipura dan Persiram raja Ampat itu.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT