Bola Internasional

Usai Gagal di Piala AFF 2018, PSSI Malah Dijatuhi Denda Ratusan Juta

Jumat, 23 November 2018 18:23 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© affsuzukicup.com
Beto di sesi latihan Timnas Indonesia jelang laga Piala AFF 2018. Copyright: © affsuzukicup.com
Beto di sesi latihan Timnas Indonesia jelang laga Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM - Usai gagal melangkah ke babak semifinal kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018, PSSI kembali mendapat kerugian setelah terbukti menyalahi aturan AFF yang berakibat denda sebesar lebih dari Rp100 juta.

Kepastian tersebut diketahui setelah pada sesi latihan jelang pertandingan terakhir babak penyisihan grup, skuat Garuda tertangkap mengenakan training dengan logo sponsor yang melekat di jersey mereka.

Hal itu dianggap melanggar aturan pertandingan AFF, berdasarkan peraturan nomor 6.11 perihal warna dan nomor jersey disebutkan bahwa, seluruh tim peserta dilarang keras mengenakan jersey atau apapun yang menampilkan sponsor dan iklan baik di dalam dan di luar stadion selama sesi pelatihan resmi.

© AFC
Peraturan yang dilanggar PSSI dan menyebabkan Denda Copyright: AFCPeraturan yang dilanggar PSSI dan menyebabkan Denda

Atas pelanggaran yang dilakukan tersebut, PSSI terancam mendapatkan sanksi hukuman denda sebesar 8.000 US Dollar atau sekitar kurang lebih Rp116 juta.

Hal tersebut tentu akan sangat merugikan bagi Timnas terkhusus PSSI, selain gagal meraih ke semifinal kali ini mereka harus membuang uang secara cuma-cuma lantaran kesalahan yang tak perlu dilakukan.

Sejatinya PSSI tak hanya sekali melakukan kesalahan serupa, sebelumnya induk sepak bola Indonesia tersebut juga melakukan kesalahan dalam laga penyisihan AFF 2018 kontra Timor Leste.

Di mana dalam pertandingan tersebut, PSSI lupa memasang patch Piala AFF 2018 pada seragam timnas Indonesia. Akibat kesalahan tersebut, PSSI pun terancam hukuman dari AFF yakni membayar denda berupa uang sebesar Rp73 juta.

Sementara itu, Timnas Indonesia sendiri tengah bersiap menghadapi Filipina pada Minggu (25/11/18) mendatang, meski tak lagi penting namun laga tersebut sangat wajib dimenangkan jika Timnas sebagai pengobat pilu usai gugur di Piala AFF 2018.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

445