Bola Internasional

Kontrak Habis Usai Piala AFF, Bima Sakti Pasrahkan Nasibnya ke PSSI

Minggu, 25 November 2018 23:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman, mengatakan siap dievaluasi terkait kegagalan di Piala AFF 2018. Ia menyerahkan semua keputusan ke federasi sepak bola Tanah Air, PSSI lantaran kontraknya hanya berlaku di gelaran kejuaraan dua tahunan ini.

"Kontrak saya hanya di AFF untuk lanjutan pekerjaan yang sebelumnya, jadi ke depan saya serahkan ke federasi. Konsekuensi seperti itu dan saya yang paling bertanggung jawab," katanya usai laga terakhir Grup B melawan Filipina, Minggu (25/11/18) di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Bima mengakui banyak mendapat pelajaran berharga sebagai pelatoh kepala Timnas Indonesia di Piala AFF tahun. Ia menjelaskan jika tanggung jawab yang dipikulnya tidak main-main dan dirinya ibarat anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diberikan bahan ujian setingkaf mahasiswa atau di Universitas.

"Pelajarannya luar biasa sekali dan saya merasa beruntung. Ini ibarat saya anak SMP tapi langsung ujian di universitas, dan itu tidak bisa dibeli dengan uang," tuturnya.

"Disini saya bisa mengerti banyak hal, termasuk soal karakter pemain," imbuhnya.

Pada Piala AFF 2018 ini, Bima Sakti hanya mampu membawa Indonesia menempati urutan empat di klasemen akhir Grup B dengan empat poin, hasil dari sekali kemenangan (atas Timor Leste) dan sekali imbang lawan Filipina. Skuat Garuda dua kali mengalami kekalahan yakni dari Singapura dan Thailand.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

142