Bola Internasional

Update Poin FIFA Usai Penyisihan Grup Piala AFF 2018: Indonesia Berkurang, Malaysia Bertambah

Senin, 26 November 2018 10:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus kehilangan satu poin di rangking FIFA, setelah gagal melaju ke babak semifinal Piala AFF 2018.

Turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 telah merampungkan babak penyisihan grup. Sebanyak empat tim memastikan diri lolos ke semifinal, yakni Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.

Kepastian itu didapat setelah keempatnya mampu finis di peringkat dua teratas, dari masing-masing grup, A dan B. Sementara hasil buruk dialami oleh Timnas Indonesia.

Skuat asuhan Bima Sakti itu hanya mampu bertengger di peringkat keempat pada klasemen akhir Grup B, dengan empat poin hasil dari 1 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah. 

Performa negatif itu pun rupanya mempengaruhi posisi dan poin Indonesia di ranking FIFA. Hal tersebut diketahui dari salah satu akun Twitter yang mengulas perhitungan poin ranking FIFA, @footyranking.

Usai babak penyisihan Grup Piala AFF 2018, Timnas Indonesia harus puas kehilangan satu poin, sehingga posisinya tidak beranjak dari peringkat FIFA bulan lalu, yakni 160.

Sementara Malaysia mencuri perhatian, dengan penambahan 10 poin. Hal tersebut membuat Harimau Malaya akan naik dua peringkat ke urutan 165, dengan total poin 994 menggeser Singapura dengan poin 991.

Perubahan juga ada dialami oleh tiga negara dengan peringkat teratas di ranking FIFA untuk zona ASEAN, yang dihuni oleh Vietnam, Thailand dan Filipina. Ketiganya akan naik sebanyak dua sampai tiga peringkat dari posisi sebelumnya. 

Sebagai tambahan informasi, sejak 2016 Piala AFF ini sudah diakui oleh FIFA dan masuk dalam kompetisi resmi kategori A, sehingga setiap pertandingan akan berpengaruh terhadap ranking FIFA.

260