Bola Internasional

Atlet Teladan, Andy Murray Kecam Insiden Pelecehan Hegerberg di Ballon d'Or

Selasa, 4 Desember 2018 11:37 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Anadolu Agency via Getty Images
Andy Murray saat menghadapi Juan Martin del Potro di Prancis Terbuka 2017. Copyright: © Anadolu Agency via Getty Images
Andy Murray saat menghadapi Juan Martin del Potro di Prancis Terbuka 2017.

INDOSPORT.COM - Dugaan aksi pelecehan seksual yang menimpa peraih penghargaan Ballon d’Or Wanita, Ada Hegerberg, membuat banyak orang geram. Bahkan, insiden tersebut sempat membuat petenis top dunia, Andy Murray, ikut naik darah.

Murray yang dikenal sebagai sosok atlet yang ramah dan santun tersebut pun menyuarakan opininya lewat Insta Story yang diunggah tidak lama setelah acara Ballon d’Or usai.

Ia menyesalkan ulah pembawa acara yang diduga meminta Hegerberg untuk melakukan twerk.

“Salah satu contoh lain aksi seksisme konyol yang masih eksi di dunia olahraga,” tulis Murray sambil menyematkan sebuah tangkapan layar yang membuat berita tersebut.

Tidak sampai di situ saja, Murray pun kemudian membuat sebuah status lagi dan mempertanyakan mengapa para atlet pria dalam acara Ballon d’Or tidak mendapat perlakuan yang sama.

Petenis asal Skotlandia tersebut pun terlihat begitu serius dengan kata-katanya.

“Mengapa perempuan selalu diperlakukan buruk seperti itu? Apa pertanyaan yang mereka sampaikan ke (Kylian) Mbappe dan (Luka) Modric? Saya yakin pasti berkaitan dengan sepak bola,” kata Murray lagi.

“Bagi kalian yang merasa orang-orang terlalu menganggap hal ini hanya guyonan. Saya rasa ini tidak benar. Saya telah lama berkecimpung di dunia olahraga dan level terkait seksisme memang luar biasa,” ujar peraih penghargaan BBC Sports Personality of the Year tersebut.

Sementara itu, pembawa acara Ballon d’Or yang menyinggung Hegerberg, Martin Solveig, telah meminta maaf atas perkataannya.

Ia memastikan bahwa dirinya sangat menghormati perempuan dan apa yang terjadi di panggung saat itu hanya sebuah kesalahpahaman belaka.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT