Bola Internasional

Kalahkan Hendro Kartiko, Kiper Keturunan Rusia Catatkan Rekor Baru di Piala AFF

Selasa, 4 Desember 2018 11:30 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© vtv.vn
Kiper Timnas Vietnam, Dang Van Lam Copyright: © vtv.vn
Kiper Timnas Vietnam, Dang Van Lam

INDOSPORT.COM - Kiper Timnas sepak bola Vietnam, Dang Van Lam, mencatatkan sejarah baru di kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018. Ia mengalahkan prestasi mantan kiper terbaik Indonesia, Hendro Kartiko.

Gawang Dang Van Lam akhirnya kebobolan di Piala AFF 2018. Setelah mencatatkan clean sheet di fase grup, jala Vietnam berhasil bergentar ketika meraih kemenangan 2-1 atas Filipina pada leg pertama semifinal.

Striker Timnas Filipina, Patrick Reichelt, berhasil mengelabuhi Dang Van Lam setelah bekerjasama apik dengan sang kapten Philip Younghusband.

Dengan begitu, Dang Van Lam sukses mencatatkan waktu terlama tak kebobolan di Piala AFF, yakni 405 menit. Prestasi itu membuat pria kelahiran Rusia itu menjadi kiper dengan clean sheet terlama dalam sejarah turnamen antara negara Asia Tenggara tersebut.

Kiper 25 tahun itu menyingkirkan nama seniornya, Tran Minh Quang (399) menit di Piala AFF 2000. Ketika itu, Minh meraih clean sheet dalam empat pertandingan grup dan 39 menit di semifinal melawan Indonesia.

Selain itu, Dang Van Lam melewati catatan clean sheet kiper hebat lainnya termasuk Hendro Kartiko (388 menit) di Piala AFF 2004 dan Kittisak Rawangpa (Thailand, 369 menit) di Piala AFF 2008.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia pernah memiliki pertahanan kuat di Piala AFF 2004. Kala itu, skuat Garuda diisi oleh para pemain seperti Hendro Kartiko, Elie Aiboy, dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Sayangnya, Indonesia gagal menjadi juara setelah kalah dari Singapura di final dengan agregat 2-5.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%