Liga Inggris

Chelsea dan Polisi Inggris Selidiki Pelecehan Rasis yang Dialami Raheem Sterling

Senin, 10 Desember 2018 14:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Express UK
Raheem Sterling dilecehkan secara rasis oleh penggemar Chelsea di laga Premier League Copyright: © Express UK
Raheem Sterling dilecehkan secara rasis oleh penggemar Chelsea di laga Premier League

INDOSPORT.COM – Chelsea dan Polisi mulai menyelidiki kasus pelecehan rasis yang dialami Raheem Sterling setelah tersebarnya video rekaman sekelompok fans meneriakkan kata-kata tak senonoh bintang Manchester City.

Sterling ikut beraksi ketika kubu Pep Guardiola mengalami kekalahan pertama sejauh musim ini di Stamford Bridge dengan skor 2-0 pada lanjutan laga Premier League – kasta tertinggi Liga Inggris – pada hari Minggu (09/12/18).

Kejadian ini terjasi saat gelandang berkebangsaan Inggris tersebut berada di dekat sisi lapangan untuk mengambil bola dan saat itu juga ketika ia dilecehkan oleh penggemar, yang meneriakkan 'f ** king black c ** t, f ** k off'. Penggemar lainnya juga menyusul. Meski demikian, Sterling tak memerdulikannya dan tetap fokus untuk pertandingan tersebut.

Kejadian ini awalnya tak banyak diketahui, namun dengan video yang disebarkan oleh John Sproull mendorong pihak tuan rumah untuk menindaklanjuti aksi yang mempermalukan mereka tersebut.

“Kami mengetahui rekaman video dan laporan tersebut. Kami akan menyelidiki masalah ini dan mengambil tindakan terkuat yang diperlukan,” seorang juru bicara mengatakan, sebagaimana dilansir Express UK.

Insiden ini juga mengundang seorang pakar BT Sport, Jake Humphrey menanggapi video yang tersebar melalui akun Twitternya dan meminta Chelsea dan polisi untuk menghukum mereka yang melecehkan Sterling.

“Rekamannya ada di seluruh media sosial dan kami akan memastikan orang terkait mengirimkan rekaman langsung dari kami,” ujarnya.

“Jika memang terbukti sebagai pelecehan rasis maka saya berharap ini larangan seumur hidup. Tidak ada tempat bagi rasisme di dunia ini.”

Sterling pun tak tinggal diam, ia juga memposting pernyataan panjang di akun Instagram mengenai insiden di Stamford Bridge, di mana ia memahami bahwa banyak pemain sepak bola berkulit putih dan hitam menerima perlakuan berbeda dari publik.

Pernyataan Sterling ini langsung mendapatkan dukungan dari rekan Liga Inggris lainnya, mulai dari pemain Leicester City, Demarai Grey, bek Brighton, Leon Balogun dan striker Bournemouth, Josh King. Phil Foden, Ederson, Kyle Walker, Saido Berahino, dan gelandang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT