Liga Indonesia

6 Fakta Mencengangkan Persipura Jayapura di Liga 1 2018

Selasa, 11 Desember 2018 14:30 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Beragam cerita telah tersaji sepanjang perhelatan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2018. Tidak terkecuali dengan klub sepak bola asal Papua, Persipura Jayapura.

Selain menorehkan sejumlah catatan buruk di kompetisi Liga 1 2018. Peraih empat gelar juara Liga Indonesia itu juga mencatatkan fakta mencengangkan.

INDOSPORT.com coba merangkum fakta mencengangkan Persipura hingga akhir kompetisi Liga 1 2018.

1. Pergantian Pelatih Asing

Persipura Jayapura telah membuat sejarah baru dengan melakukan pergantian pelatih asing sebanyak tiga kali sepanjang Liga 1 2018. 

Berawal dari pelatih asal Inggris, Peter Butler yang menukangi Persipura hingga pekan ke-13, lalu beralih ke tangan pelatih berkebangsaan Brasil, Amilton Silva de Oliveira yang hanya bertugas selama enam pertandingan. Selanjutnya, giliran asisten pelatih, Oswaldo Lessa yang menggantikan posisi kompatriotnya dalam 10 laga hingga akhir musim.

2. Pelatih Asing Tak Pernah Menang Tandang

Kompetisi Liga 1 2018 jadi musim terburuk bagi pelatih asing yang pernah menukangi Persipura. Pasalnya, hingga kompetisi musim ini berakhir, tak ada satu pun pelatih asing Persipura yang memenangkan laga tandang. 

Persipura hanya tercatat pernah gagal meraih kemenangan tandang saat ditukangi pelatih asing asal Brasil, Antonio Gonzaga Neto pada 2006 silam. Namun, kala itu karier Neto hanya bertahan di empat laga saja.

3. Hanya Sekali Menang di Laga Tandang

Persipura hanya tercatat sekali saja meraih kemenangan di laga tandang saat dijamu PSMS Medan. Di laga pekan ke-15 itu, Persipura menang meyakinkan dengan skor 1-3. 

Uniknya, satu-satunya kemenangan tandang Persipura di musim Liga 1 2018 itu justru ditorehkan oleh sang asisten pelatih, Tony Ho yang mengisi posisi Amilton Silva yang belum mendapatkan izin kerja.

4. Persipura Ditangani 5 Pelatih

Meski tercatat hanya ditukangi oleh tiga pelatih di musim Liga 1 2018, namun faktanya sudah ada 5 pelatih yang menangani Persipura hingga kompetisi berakhir.

Pasalnya, asisten pelatih Persipura, Tony Ho sempat menangani tim dalam 4 laga pasca hengkangnya Peter Butler. Sementara di laga terakhir kontra Perseru, pelatih kiper Alan Haviludin juga berada di depan bench pemain mengisi posisi Oswaldo Lessa yang izin untuk mengikuti kursus lisensi A di Brasil.

5. Pertama Kali Rekrut Analisis Teknik 

Persipura sempat membuat kabar mengejutkan dengan merekrut seorang berkebangsaan Brasil, Fabio Oliveira untuk menjabat posisi analisis teknik.

© ceposonline.com
Mantan staf pelatih Persipura Jayapura, Fabio Oliveira. Copyright: ceposonline.comMantan staf pelatih Persipura Jayapura, Fabio Oliveira.

Fabio direkrut atas permintaan Amilton Silva de Oliveira pada akhir Juli lalu. Karier keduanya pun akhirnya terhenti usai menyatakan mundur setelah gagal mengangkat performa Persipura di enam laga.

6. Dua Musim Gagal Tembus 5 Besar

Persipura mencatatkan dua hasil mengecewakan di posisi akhir klasemen kompetisi Liga 1 dalam dua musim beruntun. Sejak kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia berganti nama menjadi Liga 1 pada musim lalu, Persipura gagal finis di posisi lima besar. 

Musim lalu, Persipura hanya bisa mengakhiri musim diperingkat ke-6 saat dilatih oleh pelatih asal Brasil, Wanderley Junior. Dan kini, Persipura menutup perjalanannya diperingkat ke-12.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM.

1