Bola Internasional

Presiden FIFA: Piala Dunia 2022 Bisa Diikuti 48 Tim

Kamis, 3 Januari 2019 16:41 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Yohanes Ishak
© GRM Dailly
Piala Dunia 2022. Copyright: © GRM Dailly
Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Presiden FIFA, Gianni Infantino menjelaskan, ada kemungkinan untuk menambah jumlah tim yang akan berlaga di Piala Dunia Qatar pada 2022 mendatang.

Dilansir dari First Post, Gianni Infantino menyebut kemungkinan adanya penambahan tim, dari yang tadinya hanya sejumlah 32 menjadi 48.

"Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar dengan 32 tim. Namun tak menutup kemungkinan jumlah kuotanya akan ditambah menjadi 48 tim. Kami harus mencoba, itu tentu akan membuat seluruh dunia bahagia," ujar Infantino.

Desember lalu, Infantino telah menjelaskan bahwa mayoritas federasi sepak bola nasional mendukung penambahan jumlah tim. Namun, keputusan resminya baru akan diumumkan menejlang pengundian kualifikasi pada bulan Maret 2019.

Pada 2017, dewan FIFA memang sudah merencanakan penambahan jumlah tim yang boleh turut serta sebagai peserta Piala Dunia. Namun, penambahan kuota baru akan dimulai pada penyelenggaraan Piala Dunia 2026 dan Infantino sepertinya ingin membikin gebrakan baru tersebut mulai 2022.

Pada konferensi olahraga yang digelar, Rabu (2/1/18), selain membahas soal penambahan kuota peserta Piala Dunia 2022, Infantino juga mengatakan akan ada beberapa pertandingan yang digelar di negara-negara teluk di sekitar Qatar.

"Jika kita dapat mengakomodasi beberapa negara-negara teluk di skeitar Qatar untuk dijadikan tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2022, tentu ini bisa bermanfaat bagi kawasan tersebut dan bagi dunia," kata Infatino.

"Memang, ada ketegangan di wilayah-wilayah khusus tersebut (Arab Saudi, UEA, Mesir, dan Bahrain), namun itu semua tergantung pada para pemimpin masing-masing negara. Saya rasa sepak bola lebih mudah dijadikan bahan pembicaraan dan pemersatu dibanding proyek lainnya," imbuhnya.

"Jika penyelenggaraan Piala Dunia dapat mengembangkan sepak bola dan memberi kesan positif, mengapa tidak?" pungkas Gianni Infantino.

Ikuti terus berita sepak bola internasional dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

5