Liga Inggris

Chelsea Kalah vs Tottenham, Sarri: Wasit Inggris Tak Bisa Gunakan VAR!

Rabu, 9 Januari 2019 07:36 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Maurizio Sarri, pelatih Chelsea. Copyright: © Getty Images
Maurizio Sarri, pelatih Chelsea.

INDOSPORT.COM – Semifinal Piala Liga Inggris mempertemukan Tottenham Hotspur vs Chelsea di leg pertama, yang berakhir dengan kekalahan The Blues 1-0, pada Rabu (09/01/19) dini hari WIB.

Dalam kekalahannya, manajer Chelsea, Maurizio Sarri mengecam penggunaan Video Assistant Referee (VAR), dan mengatakan bahwa wasit Inggris tidak bisa dan paham menggunakan sistem tersebut dengan benar.

Pasalnya menurut Sarri, saat Harry Kane dianugerahi tendangan penalti yang membuat The Lilywhites unggul terdapat momen janggal. Kane sempat tersandung oleh Kepa Arrizabalaga di paruh pertama laga, dan Sarri meminta wasit untuk meninjau ulang kejadian itu.

Ada pertanyaan tentang apakah Kane sempat melakukan offside atau tidak. Sarri yang telah menonton ulang momen tersebut setelah pertandingan, kemudian membawa laptop terkait video yang sudah dianalisisnya ke dalam wawancara pasca pertandingan.

"Beberapa menit yang lalu saya menonton video dari kamera kami. Itu offside. Kamera kami fokus dengan Harry Kane. Offside dengan kepala dan lutut. Saya tidak berpikir wasit Inggris dapat menggunakan sistem VAR,” kata Sarri kepada Sky Sports.

"Jika Anda tidak yakin dengan sistem, Anda harus mengikuti bola dan agar bisa memutuskannya dengan adil. Tetapi ia menghentikannya dan tidak mengikuti bola. Bagi kami itu offside. Saya pikir mereka harus mempelajari sistem.”

"Sangat aneh rasanya karena di Liga Primer Inggris tidak ada VAR dan di Piala Carabao ada sistemnya. Sangat aneh bagi kami, para pemain dan wasit," tambahnya.

Di sisi lain, Kane merasa keputusan wasit sudah resmi dan benar, yang memberikan timnya keuntungan untuk menjalani laga leg kedua. Chelsea dan Tottenham akan kembali bertemu pada 24 Januari mendatang di Stamford Bridge.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT