Liga Indonesia

Wali Kota Malang Patok Puluhan Miliar untuk Benahi Stadion Gajayana Menuju Standar AFC

Jumat, 11 Januari 2019 22:12 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Abdurrahman Ranala
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Wali Kota Malang, Sutiaji saat hadir dalam latihan Arema FC. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Wali Kota Malang, Sutiaji saat hadir dalam latihan Arema FC.

INDOSPORT.COM - Misi Arema FC untuk Go to Asia lagi pada tahun depan, selaras dengan keinginan pemerintah setempat. Renovasi pada sejumlah fasilitas dari stadion tertua di Jawa Timur itu pun sudah dipastikan berjalan pada tahun ini.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Malang sudah mematok anggaran hingga puluhan Miliar. 

Hal itu sebagai upaya untuk mengejar standar stadion sepakbola sesuai syarat AFC (Federasi Sepakbola Asia) maupun FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) agar Gajayana bisa digunakan dalam pertandingan berlevel internasional.

Poin pertama yang segera dibenahi adalah papan skor elektronik yang sudah lama tidak berfungsi. Selain itu, fasilitas sebagai petunjuk keterangan dalam pertandingan itu juga akan dipindah sesuai standar AFC ke sisi Utara atau selatan tribun, tidak di sebelah timur seperti saat ini.

"Papan skor elektronik sudah masuk anggaran. Ada sekitar Rp 3 Miliar untuk memperbaikinya," tandas Wali Kota Malang, Sutiaji kepada awak jurnalis.

Lini penting lainnya dari rencana renovasi Stadion Gajayana adalah lampu penerangan. Sang Wali Kota pun menyadari, fasilitas sentral itu sudah kian usang digerus waktu, sehingga bersifat mendesak untuk diperbaiki agar layak menggelar pertandingan sepakbola nasional maupun internasional.

Sesuai standar AFC, lampu penerangan secara total harus memiliki kekuatan minimal 800 Lux dan maksimal 1.200 Lux. Sedangkan Stadion Gajayana yang kerap menggelar pertandingan Arema FC di Liga 1, tampak masih gelap dengan kekuatan maksimal tidak sampai 800 Lux.

"Lampunya banyak yang mati dan harus ditata lagi agar lebih fokus ke arah lapangan," tutur Sutiaji. 

"Seharusnya, sudah tidak ada bayangan lagi di lapangan. Dan juga tiang lampunya ditinggikan lagi," pungkasnya.

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM