Liga Indonesia

Resmi Gabung, Eks Kiper Timnas Indonesia Tegaskan 'Pengaruh' Persis Solo di PSIS Semarang

Selasa, 15 Januari 2019 17:31 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Mantan kiper Timnas Indonesia, I Komang Putra yang ditunjuk sebagai pelatih kiper PSIS Semarang. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Mantan kiper Timnas Indonesia, I Komang Putra yang ditunjuk sebagai pelatih kiper PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM - Aroma Persis Solo semakin kental di tubuh tim PSIS Semarang menghadapi Liga 1 musim depan. Setelah mempertahankan Jafri Sastra sebagai pelatih kepala, Budi Kurnia (pelatih fisik), serta merekrut Widyantoro sebagai asisten pelatih, tim Laskar Mahesa Jenar kembali mendatangkan eks tim Laskar Sambernyawa.

Adalah mantan kiper Timnas Indonesia, I Komang Putra yang ditunjuk sebagai pelatih kiper PSIS. IKP, sapaan akrabnya, menggantikan sosok Andrew Petterson yang musim lalu jadi pelatih kiper PSIS.

"Kami memang membutuhkan pelatih kiper berpengalaman timnas. Selain itu juga dipadukan dengan ilmu kepelatihan penjaga gawang modern. Untuk itu Mas Komang sosok yang tepat dan pernah bertahun-tahun menjadi andalan PSIS," kata CEO PSIS, Yoyok Sukawi, Selasa (15/01/19).

Kedua belah pihak memang sudah lama menjain komunikasi intensif. Akhirnya, kesepakatan terjadi dan IKP kembali ke pangkuan tim kebanggaan masyarakat Kota Lunpia.

Meski demikian, bukan eks Persis yang jadi pertimbangan manajemen merekrut Widyantoro dan IKP. Melainkan keduanya merupakan legenda PSIS yang pernah membawa nama harum tim kebanggaan masyarakat Kota Lunpia di tahun 1990-an.

IKP misalnya. Dia adalah benteng terakhir saat PSIS Semarang merengkuh gelar juara Liga Indonesia musim 1999. Selain itu, pelatih kiper kelahiran Denpasar tersebut juga membawa PSIS ke final Divisi Utama 2006 meski akhirnya takluk dari Persik Kediri di partai puncak.

"Kita ingin kuatkan emosional tim untuk target tahun ini, prestasi, dan pembinaan yang lebih baik. Salah satu caranya ya tadi mengumpulkan legenda PSIS unuk masuk tim," tegasnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT