Liga Indonesia

Hendro Kartiko Berikan 'Peringatan' Keras ke Kiper Timnas U-22

Selasa, 22 Januari 2019 17:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Mantan penjaga gawang Timnas Indonesia, Hendro Kartiko. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Mantan penjaga gawang Timnas Indonesia, Hendro Kartiko.

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper Timnas sepak bola Indonesia U-22, Hendro Kartiko mengatakan kualitas empat kiper yang dipanggil saat ini cukup bagus. Namun, ada satu hal yang patut diwaspadai karena bisa menpengaruhi penampilan di lapangan.

Menurut Hendro, agility atau kelincahan mengubah posisi di bawah mistar gawang menjadi satu hal yang kerap menghantui penampilan kiper Indonesia. 

"Semuanya bagus. Memang postur juga bisa berpengaruh, tapi semua kan kalau di Indonesia kadang-kadang ada yang postur bagus tapi agility kurang. Ada plus minusnya," tuturnya.

Hendro menjelaskan, pelatih utama, Indra Sjafri menginginkan kiper modern di Timnas U-22 atau ikut aktif terlibat membangun serangan.

Oleh sebab itu, pekerjaan utama Hendro adalah membentuk kiper yang mampu bermain terorganisir.

"Pastinya harus sesuai dengan filosofi yang coach Indra mau, harus bisa menguasai bola. Di sini kita belajar serangan dari bawah, jadi harus bisa distribusi dengan baik, bermain terorganisasi," katanya.

"Jadi saaya akan berikan apa yang saya punya untuk bangsa dan negara," imbuh Hendro menyoal tugasnya di Timnas U-22.

Saat ini ada empat kiper yang bersaing memperebutkan tiga tempat ke Piala AFF U-22 Februari nanti di Kamboja. Mereka adalah Nadeo Argawinata, Awan Setho, Satria Tama dan Muhammad Riyandi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT