Liga Indonesia

Ini yang Akan Dilakukan Indra Sjafri ke Pemain Timnas U-22 Usai Berguru di Spanyol

Senin, 28 Januari 2019 17:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri dalam jumpa pers Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Pelatih timnas U-22 Indonesia, Indra Sjafri dalam jumpa pers

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri baru saja mengikuti lisensi AFC Pro (modul kelima) di Spanyol. Ia berada di Madrid selama kurang lebih lima hari dan mendapat banyak ilmu, mulai dari pembinaan usia muda hingga menekankan komitmen bagi para pemain.

Indra Sjafri mengatakan klub-klub di Spanyol sudah memiliki landasan yang kuat untuk menciptakan pemain berkualitas. Hal itu sama halnya dengan apa yang dilakukan PSSI yakni mewajibkan klub memiliki akademi, hanya saja di Tanah Air hal itu baru dimulai, sehingga belum terlihat hasil yang signifikan.

"Kalau perbedaannya tidak ada tapi pengorganisasiannya yang kita lihat klub yang profesional, dia punya tim A, B, dan C terus punya tim usia 14, 13 sampai usia 12."

"Ya kaya yang kita mulai sekarang, jadi PSSI kan sudah mewajibkan klub sudah punya akademi, trus di situ ada usia 17 dan 19, hampir sama dengan ini, tapi mereka udah mulai lebih dulu, kita baru mulai," katanya.

Menurut Indra Sjafri, ada satu hal penting, yang bisa dimplikasikan ke pemain dari hasil bergurunya di Spanyol. Ia akan menekankan ke seluruh pemain Timnas U-22 untuk bersikap profesional, mulai dari disiplin, kerja keras dan berkomitmen penuh terhadap apa yang ditetapkan.

"Saya melihat yang perlu diberikan pecerahan ke pemain, bagaimana komitmen para pemain di sana. Latihan dengan situasi kondisi cuaca dan lain sebagainya, mereka berkomitmen dan itu berlaku untuk semua level umur dari 14 sampai tim utama mereka," ucapnya.

"Mereka memang betul-betul semangat latihannya tak pernah kendor walaupun suhu 1 derajat, hujan dan sebagainya," lanjut Indra Sjafri.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-22 Lainnya Hanya di INDOSPORT

37