Bola Internasional

Resmi! Brasil Dipastikan Gagal Lolos ke Fase Piala Dunia

Senin, 11 Februari 2019 16:01 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Marcos (kiri) saat membela Timnas Brasil U-20. Copyright: © INDOSPORT
Marcos (kiri) saat membela Timnas Brasil U-20.

INDOSPORT.COM - Walaupun Brasil berhasil menumbangkan Argentina di final kejuaraan U-20 Amerika Selatan, Minggu (11/02/19) kemarin dengan skor 1-0, nyatanya tak membuat Timnas Samba mengantongi kesempatan untuk lolos ke kualifikasi Piala Dunia U-20 tahun 2019. 

Brasil, yang telah berjaya di beberapa kejuaraan Amerika Selatan melebihi negara lain tersebut hanya mampu meraih enam gol di sembilan pertandingan. Hal itu membuat mereka berada di posisi lima, kalah selisih gol dari Kolombia yang berada di posisi empat, batas akhir untuk masuk ke Piala Dunia U-20.

Hal ini menjadi kali ketiga Brasil gagal melewatkan Piala Dunia U-20 dalam empat musim terakhir, seperti dilansir dari kantor berita Reuters.

Disorganisasi menjadi salah satu penghambat Brasil dalam kegagalan ini, selain absennya beberapa pemain bintang mereka seperti Vinicius Junior yang kini ada di Real Madrid, serta Bayern Munchen yang menolak memberikan izin kepada pemain sayap Paulinho.

Dikabarkan pula, Brasil U-20 hanya melakukan latihan ringan dalam persiapan sebelum Piala Dunia U-20 seperti pemanasan kecil. Tentunya ini menjadi perbedaan mendasar bila dibandingkan dengan lawan-lawan mereka yang telah menyiapkannya secara matang.

Itu tak lepas dari terjadinya beberapa perubahan dalam sektor pelatihan, seperti saat Carlos Amadeu yang baru menjabat sebagai pelatih sekitar satu tahun yang lalu.

Hal ini membuat Brasil tidak memiliki rencana atau gaya permainan yang konsisten, karena setiap pelatih baru membawa idenya masing-masing.

"Kami merasa bahwa dalam beberapa tahun terakhir tim-tim junior memiliki banyak pemimpin yang berbeda, disertai banyak perubahan. Hal itu tidak membawa 'nyawa' dari permainan Timnas Brasil itu sendiri," tutur mantan pelatih Brasil U-20, Ney Franco.

Piala Dunia U-20 sendiri akan berlangsung di Polandia, pada tanggal 23 Mei hingga 15 Juni 2019.

Penulis: Chairun Nissa

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%