Liga Inggris

Dihukum FIFA, Chelsea Diprediksi Keluar dari 4 Besar Liga Inggris

Minggu, 24 Februari 2019 16:05 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Indra Citra Sena
© GettyImages
Bintang muda Chelsea, Callum Hudson-Odoi. Copyright: © GettyImages
Bintang muda Chelsea, Callum Hudson-Odoi.

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Inggris, Chelsea FC, dipastikan tak bisa melakukan belanja pemain baru dalam kurun waktu setahun ke depan. Eks pemain Arsenal, Perry Groves, mengatakan bahwa hal ini membuat The Blues terancam keluar dari posisi empat besar Liga Primer Inggris musim depan.

Chelsea menerima sanksi FIFA karena melanggar regulasi tentang transfer pemain muda, yakni mendatangkan pemain berusia kurang dari 18 tahun. Alhasil, kubu London Barat dilarang merekrut pemain dalam dua kali jendela transfer .

Hal ini dinilai akan membuat Chelsea kehilangan semangat kompetitif di musim depan. Jangankan meraih gelar Liga Primer Inggris, mereka juga diprediksi bakal kesulitan untuk menembus empat besar.

Pasalnya, Chelsea hanya bisa mengandalkan 41 pemain yang tengah dipinjamkan ke klub lain. Sejumlah pemain itu rata-rata masih berusia muda.

“Untuk berada di empat besar, Chelsea biasanya harus membeli pemain-pemain bintang. Hal itu tak bisa dilakukan lagi musim depan. Mereka tak bisa membeli pemain baru, bahkan juga tak bisa mendatangkan manajer baru,” ujar Groves, dikutip dari Talk Sport.

“Menurut saya, sanksi ini menjadi akhir bagi Chelsea terkait ambisi tetap menempati empat besar karena mereka tak pernah punya sejarah mempromosikan pemain mudanya ke tim utama,” imbuhnya.

Groves menambahkan kondisi Chelsea sangat berbeda dengan Tottenham Hotspur. Spurs memang tak mendatangkan satu pun pemain dalam dua jendela transfer terakhir, namun mereka tetap kompetitif di papan atas lantaran punya banyak pemain muda berkualitas yang seringkali diberi kesempatan bermain.

Menilik sejarah, legenda Chelsea sebagian besar memang bukan binaan akademi sendiri, sebut saja nama-nama seperti Didier Drogba, Frank Lampard, Claude Makelele, dan Petr Cech yang memulai kebangkitan di era Roman Abramovich.

Diego Costa dan Eden Hazard yang menjadi bintang dalam dua gelar liga terakhir Chelsea juga termasuk, sementara bintang muda yang tengah bersinar, Callum Hudson-Odoi, justru dikabarkan akan dilepas.

Terus Ikuti Berita Sepak bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT