Liga Italia

Fiorentina vs Inter Milan, Laga dengan Penggunaan VAR Terbanyak

Senin, 25 Februari 2019 10:00 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Marcelo Brozovic coba keluar dari pengawalan pemain lawan saat pertandingan Fiorentina vs Inter Milan, Senin (25/02/19). Copyright: © Getty Images
Marcelo Brozovic coba keluar dari pengawalan pemain lawan saat pertandingan Fiorentina vs Inter Milan, Senin (25/02/19).

INDOSPORT.COM - Inter Milan bertamu ke markas Fiorentina, Stadion Artemio Franchi dalam laga lanjutan Serie A, Senin (25/2/19) dini hari WIB. Pertemuan kedua tim menghasilkan skor imbang 3-3.

Pertandingan yang berjalan panas ini diwarnai dengan beberapa kali penggunaan Video Assistan Referee (VAR) untuk memperjelas kejadian. Bahkan beberapa keputusan yang diambil wasit Rosario Abisso dianggap kontroversi.

Dilansir dari berita sports asal Italia, Calciomercato, tercatat ada 6 kali VAR digunakan dalam pertandingan tersebut. Hal ini merupakan rekor terbanyak VAR digunakan dalam satu laga di Liga Italia.

Berikut runtutan kejadian wasit menggunakan VAR untuk mengambil keputusan di pertandingan Fiorentina vs Inter Milan.

Pada menit ke-1, Pertandingan baru berjalan beberapa detik tapi striker Fiorentina, Federico Chiesa berhasil mencetak gol ke gawang Samir Handanovic. Setelah wasit menggunakan VAR, gol itu dianulir karena Chiesa berada dalam posisi offside.

Pada menit ke-6, Gol pemain Inter Milan, Matias Vecino disahkan wasit setelah menghabiskan waktu tiga menit menganalisa VAR.

Menit ke-16, Federico Chiesa terjatuh di area terlarang Inter Milan, VAR digunakan untuk mengecek apakah penalti atau tidak. Wasit memutuskan bahwa Chiesa-lah yang melakukan pelanggaran.

Menit ke-49, Gelandang Fiorentina, Edimilson menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti, setelah melihat VAR, wasit memberikan penalti kepada Inter Milan dan Perisic sukses mengkonversikannya menjadi gol membuat Nerrazurri memimpin 1-3.

Menit ke-60, Gol dari gelandang Fiorentina, Cristiano Biraghi dianulir wasit karena ia melakukan pelanggaran kepada D'Ambrosio.

Menit ke-96, Wasit melihat VAR selama lima menit untuk memastikan apakah bola menyentuh tangan D'Ambrosio di kotak penalti Inter. Akhirnya penalti tetap diberikan dan Jordan Veretout berhasil mengeksekusi bola dan menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Keputusan penalti di ujung laga itu menjadi perdebatan dan membuat pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti marah karena, bola terlihat mengenai dada D'Ambrosio bukan tangannya. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT