In-depth

Juara Piala AFF U-22, Ini Sejumlah Rotasi yang Pernah Dilakukan Indra Sjafri di Timnas U-22

Rabu, 27 Februari 2019 17:13 WIB
Editor: Coro Mountana
© https://www.instagram.com/asnawi.bhr/
Asnawi Mangkualam, salah satu pemain penting saat Timnas Indonesia U-22 juara Piala AFF U-22 2019. Copyright: © https://www.instagram.com/asnawi.bhr/
Asnawi Mangkualam, salah satu pemain penting saat Timnas Indonesia U-22 juara Piala AFF U-22 2019.
Lini Belakang

Pelatih Indra Sjafri selalu memakai formasi 4-3-3 yang artinya ia membutuhkan empat pemain bertahan dalam susunan pemain intinya. Dari lima pertandingan yang dijalani, hanya posisi bek kanan yang ditempati Asnawi Mangkualam saja yang tak pernah dirotasi oleh Indra Sjafri.

Di posisi bek kiri sendiri, hanya terjadi satu rotasi saja ketika Samuel Christianson yang tampil di laga perdana harus digantikan oleh Firza Andika sejak laga kedua hingga turnamen berakhir. Pergantian yang lebih masif justru terjadi di pos bek tengah.

Pada awalnya duet Andy Setyo dan Rachmat Irianto dipercaya oleh pelatih Indra Sjafri dalam dua laga perdana. Akan tetapi karena Timnas Indonesia U-22 selalu kebobolan di dua laga itu dan Andy Setyo alami cedera, maka Indra Sjafri melakukan rotasi di laga ketiga.

Indra Sjafri mengganti duet Andy-Rachmat dengan Nurhidayat dengan Bagas Adi sebagai bek tengah andalan. Hasilnya mereka mampu membuat lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 menjadi lebih solid hingga babak final.

© Instagram/Nurhidayat Haris
Pemain Timnas Indonesia U-22, Nurhidayat Haji Haris dengan trofi Piala AFF U-22 2019. Copyright: Instagram/Nurhidayat HarisPemain Timnas Indonesia U-22, Nurhidayat Haji Haris dengan trofi Piala AFF U-22 2019.

Selain itu, mempersiapkan Rachmat Irianto sebagai bek tengah tambahan ketika sudah unggul melawan Thailand juga merupakan taktik jitu dari Indra Sjafri. Semakin banyak bek tengah maka para penyerang Thailand di babak final semakin sulit untuk membalas ketertinggalan dari Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%